Ambang Batas Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden dalam Pemilihan Umum Terhadap Perlindungan Hak Konstitusional Warga Negara (Analisis Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor : 53/PUU-XV/2017)
View/ Open
Date
2019Author
Tafonao, Hendra Poltak
Advisor(s)
Nasution, Faisal Akbar
Nasution, Mirza
Afnila
Metadata
Show full item recordAbstract
The application of the threshold in the presidential and vice presidential
elections has led to pros and cons in society. but based on the Decision of the
Constitutional Court number 53 / PUU-XV / 2017 to strengthen the application of the
threshold in the nomination of the president and vice president, this is certainly
contrary to the constitution because the constitutional speaker should be present as a
protector of the constitution. based on this, in this study there are 3 formulas studied,
namely: how is the constitutionality of the threshold for nominating the president and
vice president of the presidential government system in Indonesia. whether the basic
consideration of the judge in the Constitutional Court Decision Number 53/ PUUXV/
2017 regarding the threshold for the presidential and vice presidential election
reflects the recognition and protection of the constitutional rights of citizens with the
principles of constitutionalism.
The research used is normative legal research the nature of this research is
prescriptive analysis with a regulatory statue approach and analytical approach,
namely by analyzing the case study using qualitative methods to deduce conclusions.
The imposition of a threshold on constitutional presidential elections violates
the constitutional rights of citizens. Based on the provisions of Chapter 6A Verse (2)
of the 1945 Constitution, the presidential candidate and vice presidential candidate
pairs are proposed by political parties or a combination of political parties
participating in the general election before the general election. This provision
provides space for political parties to propose candidates for president and vice
president. but in article 222 of law number 7 of 2017 concerning general elections it
provides a limit of 20% of the number of seats in the DPR or 25% of nationally valid
votes in previous DPR member elections. in a presidential system the imposition of a
threshold is irrelevant because theoretically separation of power is not known as the
existence of a presidential accountability to the parliament, thus the threshold is not
appropriate if the votes used are from the DPR elections. for this reason, the decision
of the constitutional court should provide justice for the people by considering the
sovereignty of the people. Penerapan ambang batas dalam pemilihan umum presiden dan wakil presiden
hingga saat ini menimbulkan pro dan kontra di dalam masyarakat. Namun berdasarkan
putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 53/PUU-XV/2017 memberikan penguatan terhadap
penerapan ambang batas dalam pencalonan presiden dan wakil presiden, hal ini tentunya
bertentangan dengan konstitusi karena Mahkamah Konstitusi seharusnya hadir sebagai
pelindung konstitusi. Berdasarkan hal tersebut, dalam penelitian ini ada 3 (tiga) rumusan
yang diteliti yakni : Bagaimana konstitusionalitas ambang batas pencalonan presiden dan
wakil presiden terhadap perlindungan hak konstitusional warga negara. Bagaimana
hubungan kesesuaian tentang penetapan dan besaran ambang batas pencalonan presiden
dan wakil presiden terhadap sistem pemerintahan presidensial di Indonesia. Apakah dasar
pertimbangan hakim dalam Putusan MK No.53/PUU-XV/2017 mengenai ambang batas
pemilihan umum presiden dan wakil presiden telah mencerminkan pengakuan dan
perlindungan hak konstitusional warga Negara dengan prinsip-prinsip konstitusionalisme.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif. Sifat penelitian ini
adalah analisis preskriptif dengan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan
pendekatan analitis (analytical approach) yaitu dengan menganalisis kasus (case study)
dengan menggunakan metode kualitatif untuk dapat ditarik kesimpulan secara deduktif.
Pemberlakuan ambang batas pada pemilu presiden secara konstitusi melanggar hak
konstitusional warga negara. Berdasarkan ketentuan pasal 6A ayat (2) UUD 1945
menyatakan “pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau
gabungan partai politik peserta pemilihan umum sebelum pelaksanaan pemilihan umum.
Ketentuan ini memberikan ruang bagi partai politik untuk mengusulkan calon presiden dan
wakil presiden. Namun dalam pasal 222 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang
Pemilihan Umum memberikan pembatasan 20 % dari jumlah kursi di DPR atau 25 % dari
suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya. Secara sistem presidensial
pemberlakuan ambang batas tidak relevan karena secara teori pemisahan kekuasaan
(separation of power) tidak dikenal adanya pertanggungjawaban presiden kepada parlemen,
demikian dengan ambang batas tidak sesuai bila suara yang digunakan dari pemilihan DPR.
Untuk itu, seharusnya melalui Putusan MK memberikan keadilan bagi masyarakat dengan
mempertimbangkan kedaulatan rakyat.
Collections
- Master Theses [1833]