Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Bus Trans Mebidang Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat
View/ Open
Date
2020Author
Lubis, Yusuf Aulia
Advisor(s)
Nasution, Achmad Delianur
Marisa, Amy
Metadata
Show full item recordAbstract
Government efforts in overcoming urban congestion provide solutions for
providing busway transportation. In order to realize the efforts of the North Sumatra
Province to make regulation No. 25 of 2008, concerning the mainstay areas,
including Medan, Binjai, and Deli Serdang, abbreviated as Mebidang, from the
regulation referred to in 2015 in the form of public transportation named Trans
Mebidang Bus. Trans Mebidang Bus is a service that must pay attention to services
so that people and the community like to use them. Therefore we must pay attention
to the quality of service. The research objective was to analyze the level of community
satisfaction with the quality of Transmebidang services and analyze how much
influence the quality of Transmebidang Bus services on community satisfaction. The
study uses a quantitative approach in determining the amount of sanitation used.
Analysis of the data used multiple linear regression. Based on the findings, the
conclusion was drawn that the public was satisfied with the quality of services
provided by the Trans Mebidang Bus public transport services with a total average
value of 4.1. The quality of service provided by Trans Mebidang Bus management
affects or contributes to the level of user satisfaction of 87.1%, where this value is
very high influence on the level of satisfaction. Upaya pemerintah dalam mengatasi kemacetan perkotaan menyediakan solusi
penyediaan transportasi busway. Dalam rangka merealisasikan upaya Provinsi
Sumatera Utara membuat peraturan No 25 tahun 2008, mengenai kawasan andalan
antara lain Medan, Binjai, dan Deli Serdang disingkat Mebidang, dari peratuan yang
dimaksud tahun 2015 di bentuk angkutan umum yang diberi nama Bus Trans
Mebidang. Bus Trans Mebidang merupakan jasa yang harus memperhatikan
pelayanan sehingga manusia dan masyarakat senang memanfaatkannya. Oleh sebab
itu harus memperhatikan kualitas pelayanan agar masyarakat senang dan puas
memanfaatkan jasa angkutan bus tersebut. Tujuan penelitian untuk menganalisis
tingkat kepuasan masyarakat terhadap kualitas pelayanan Transmebidang dan
menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan Bus Transmebidang
terhadap kepuasaj masyarakat. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dalam
menentukan besaran sanmpel yang digunakan. Analisa data yang digunakan regresi
liniear berganda. Berdasarkan hasil temuan ditarik kesimpulan bahwa masyarakat
merasa puas terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh jasa angkutan umum
Bus Trans Mebidang dengan total nilai rata-rata 4,1. Kualitas pelayanan yang
diberikan oleh manajemen Bus Trans Mebidang mempengaruhi atau berkontribusi
pada tingkat kepuasan pengguna sebesar 87.1%, dimana nilai ini sangat tinggi
pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan.
Collections
- Master Theses [254]