Pengaruh Penerapan Experiential Marketing Strategy dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Pelanggan Junction Cafe Medan)
View/ Open
Date
2020Author
Ningrum, Safelinda Setya
Advisor(s)
Mardhiyah, Ainun
Metadata
Show full item recordAbstract
This research is based on the increasingly competitive culinary business, therefore every business that wants to enter the world of culinary competition must have a way to attract consumers to come. Not only does it come just to enjoy it once, but to be a sustainable and loyal customer.
This research aims to know the impact of experiential marketing and customer satisfaction applied by Junction towards the loyalty Junction’s customer. This research uses quantitative research methods. The population in this research is Junction customers and samples taken as many as 100 respondents. The sampling technique in this study is purposive. The data collection method uses the questionnaire method measured by using a likert scale. The methods of analysis used in this study are classical assumption test, multiple linear regression analysis, multiple correlation analysis, and hypothesis testing using SPSS.
The results of this research show that there are impacts from experiential marketing and customer satisfaction on customer loyalty with a significant level of 0,000. The results of this study also showed that the independent variables experiential marketing and customer satisfaction can explain the dependent variable is customer loyalty of 43.9%. Penelitian ini berlatarkan pada persaingan usaha kuliner yang semakin ketat, oleh karena itu setiap usaha yang ingin memasuki dunia persaingan kuliner harus memiliki cara tersendiri untuk menarik minat konsumen untuk datang. Bahkan tidak hanya datang sekedar untuk menikmati sekali saja, namun untuk berkelanjutan dan menjadi pelanggan yang loyal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan yang diterapkan oleh Junction terhadap loyalitas pelanggan Junction. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini adalah pelanggan Junction dan sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dalam peneltian ini adalah purposive. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh experiential marketing dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variabel independen experiential marketing dan kepuasan pelanggan secara bersama-sama dapat menjelaskan variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan sebesar 43,9%.
Collections
- Undergraduate Theses [1380]
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Mempengaruhi Keputusan Pembelian Ulang (Studi Pada Pelanggan Toko ATK Dan Accessories USU BERSAMA)
Sakdiah, Halimatun (Universitas Sumatera Utara, 2018)Dunia Bisnis sekarang ini terus bersaing untuk menciptakan berbagai kebutuhan konsumen yang semakin tinggi dan semakin cerdas dalam memilih kebutuhannya. Para konsumen dihadapkan oleh berbagai pilihan ketika mereka akan ... -
Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pelanggan TX Travel Jamin Ginting
Saragih, Nanda Ria Elisabet (Universitas Sumatera Utara, 2017)Loyalitas pelanggan merupakan salah satu tujuan perusahaan dengan memiliki pelanggan yang setia untuk melakukan pembelian ulang produk atau jasa. Untuk meningkatkan loyal pelanggan, setiap perusahaan wajib memperhatikan ... -
Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pasar Induk Lau Cih
Ramadhan, Teuku Iqram (Universitas Sumatera Utara, 2019)The purpose of this research is to known and analyze the influence of customer satisfaction, service quality and customer value on customer loyalty in Lau Cih Central Market. This research associated with a quantitative ...