dc.contributor.advisor | Matondang, A Rahim | |
dc.contributor.advisor | Absah, Yeni | |
dc.contributor.author | Rikardian, Muhammad Taufik | |
dc.date.accessioned | 2020-12-22T04:08:04Z | |
dc.date.available | 2020-12-22T04:08:04Z | |
dc.date.issued | 2020 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29780 | |
dc.description.abstract | Pada PT PLN (Persero) UP3 Medan Utara masih meningkatnya jumlah
keluhan dari pelanggan, sehingga target tahun 2019 hanya tercapai 23,98 persen
untuk SAIDI dan 23,63 persen untuk SAIFI yang berkaitan dengan kualitas
pelayanan yang diberikan ke pelanggan berhubungan dengan waktu pemadaman
listrik yang relative lama dan sering terjadinya pemadaman listrik. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepuasan
pelanggan prioritas yang tercermin dalam service quality. Data dikumpulkan
melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner ke pelanggan prioritas.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis
regresi linier berganda. Dimana mampu untuk menjelaskan hubungan antar
variable diteliti.
Berdasarkan hasil analisis pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji
F (secara bersama-sama atau simultan) dapat dijelaskan bahwa ketiga variable
yaitu customer value (X1), perceived price (X2), employee competency (X3)
secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat service quality (Y).
Hal ini ditunjukkan dari nilai F hitung sebesar 179,21 dengan angka signifikansi
(P Value) sebesar 0,000 < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) yang dihasilkan
adalah 0,735. Hal ini berarti sebesar 73,5 persen perubahan variabel Service
Quality dapat dijelaskan oleh perubahan variabel customer value (X1), perceived
price (X2), employee competency (X3) secara bersama-sama, sedangkan sisanya
sebesar 26,5 persen dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam
penelitian ini, maka dapat dilihat bahwa yang paling berpengaruh terhadap
variabel service quality adalah variabel employee competency dengan nilai
koefisien regresi sebesar 0,388. Variabel customer value berpengaruh positif
dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,248. Variabel perceived price
berpengaruh positif dengan nilai koefesien regresi sebesar 0,309.
Hasil dari penelitian ini, agar PLN lebih memprioritaskan faktor komptensi
karyawan (Employee Competency) dikarenakan ini adalah faktor yang paling
berpengaruh terhadap Kualitas layanan. Seleksi karyawan yang lebih ketat untuk
mendapatkan karyawan berkualitas yang kompeten dan pengadaan pelatihan
untuk meningkatkan kemampuan karyawan, dan melakukan program refreshment
atau upskilling. | en_US |
dc.description.abstract | The significant increment of customer complaints in PT PLN (Persero) UP3
Medan Utara, that make 2019 achievement only reached 23.98% for SAIDI and
23.63% for SAIFI which related to the service quality which provided to
customers, this mainly caused from the time of a power outage relatively long and
frequent blackouts. The purpose of this study is to determine the factors that
influence customer satisfaction priorities that are reflected in service quality. Data
was collected through interviews using a questionnaire to priority customers.
The research method used in this study uses multiple linear regression
analysis. Which can explain the relationship between variables studied.
Based on the results of the analysis on hypothesis testing using the F test
(together or simultaneously) it can be explained that the three variables namely
customer value (x1), perceived price (x2), employee competency (x3) together
affect the dependent variable service quality (y). This is indicated from the
calculated F value of 179.21 with a significance number (P Value) of 0,000 <0.05.
The coefficient of determination (R2) produced is 0.735. this means that 73.5
percent of the change in the service quality variable can be explained by changes
in the customer value (x1), perceived price (x2), employee competency (x3)
variables together, while the remaining 26.5 percent is explained by other
variables which is not contained in this study, it can be seen that the most
influential on the service quality variable is the Employee Competency variable
with a regression coefficient of 0.388. The Customer Value variable has a positive
with a regression coefficient of 0.248. Perceived Price variable has a positive with
a regression coefficient of 0.309.
The results of this study are PLN must prioritize employee competency
factors (Employee Competency) because this is the most influential factor on
service quality. More stringent employee selection to get competent quality
employees and provision of training to improve employee capabilities and
conduct a refreshment or upskilling program. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | saidi | en_US |
dc.subject | saifi | en_US |
dc.subject | employee competency | en_US |
dc.title | Pengukuran Tingkat Efektifitas Kualitas Pelayanan Pelanggan Prioritas Pada PT PLN (Persero) UP3 Medan Utara | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM147007013 | |
dc.description.pages | 115 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |
dc.description.type | Disertasi Doktor | en_US |
dc.description.type | Karya Tulis Dosen | en_US |
dc.description.type | Karya Tulis Pustakawan | en_US |
dc.description.type | Karya Tulis Laboran | en_US |