Analisis Terhadap Sikap Prefrensi dan Kepuasan Konsumen Kopi di Coffee Shop Kota Takengon
View/ Open
Date
2020Author
F a d l i
Advisor(s)
Lubis, Satia Negara
Chalil, Diana
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik keputusan, dan
kepuasan konsumen, menganalisis atribut – atribut yang harus diperbaiki oleh
pihak coffee shop. Metode yang digunakan analisis deskriptif dan Mutiatribut
Fishbein, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance
Analysis (IPA), dengan melibatkan 155 orang (konsumen). Hasil pe nelitian
menunjukkan bahwa konsumen di coffee shop didominasi oleh jenis kelamin lakilaki
73%, status pernikahan dominasi oleh lajang 68%, pendidikan terakhir
Sarjana 61%, konsumen berdarkan pekerjaan dominasi oleh pegawai swasta 46%,
konsumen berdasarkan pendapatan per bulan adalah Rp. 1.000.000 – 2.500.000.
Mayoritas pengambilan keputusan konsumen di coffee shop, yaitu motivasi
konsumen adalah mencari menu khas/unit sebanyak 57 Konsumen atau 37%,
sumber informasi bagi konsumen adalah berasal dari teman/kerabat sebanyak 139
konsumen atau 90%, berdasarkan pertimbangan dalam memilih coffee shop
adalah suasana coffee shop menyenangkan sebanyak 83 konsumen atau 54%,
berdasarkan konsumen untuk berkunjung adalah tergantung situasi (jika sedang
ingin) sebanyak 101 Konsumen atau 65%. Konsumen berdasarkan perasaan
sesudah menikmati menu adalah puas 87 konsumen atau 56%.
Berdasarkan hasil analisis Fishbein, dapat disimpulkan bahwa sikap
konsumen terhadap coffee shop adalah netral atau biasa saja dengan nilai 208,85
yang berada dalam rentang nilai antara 159,01-231,00. Sikap ini muncul
berdasarkan penilaian konsumen terhadap keseluruhan atribut yang diamati, hasil
perhitungan Customer Satisfaction Indek (CSI) diperoleh nilai keseluruhan untuk
atribut coffee shop Galeri Kopi Indonesia adalah sebesar 69,56%. Angka tersebut
berada dalam rentang nilai indeks kepuasan antara 60% dan 80%,
menunjukkan bahwa secara umum responden merasa puas dengan coffee shop
Galeri Kopi indonesia Kota Takengon. Hasil analisis Importance Performance
Analysis (IPA) dilihat dari diagram kartesius atribut yang harus ditingkatkan oleh
pemilik coffee shop Galeri Kopi Indonesia adalah porsi menu kopi.
Collections
- Master Theses [287]
