Etos Kerja dan Sistem Nilai Budaya pada Pedagang Ayam Suku Melayu (Studi Kasus di Pasar Simpang Limun Medan)
Abstract
Skripsi yang berjudul Etos Kerja dan Sistem Nilai Budaya pada Pedagang
Ayam Suku Melayu ini bertujuan untuk mengetahui nilai – nilai yang menjadi
acuan dalam bersikap, pandangan dan kebiasaan para pedagang dalam berdagang
dan menjalin hubungan dengan pemangku kepentingan lainnya. Juga untuk
mengetahui apakah nilai – nilai dalam kebudayaan Melayu mempengaruhi sikap
dan kebiasaan tersebut benar atau tidak dapat mempengaruhi dalam menghadapi
persaingan antar pedagang ayam.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif yang
bersifat deskriptif. Untuk memperoleh data yang objektif, penulis menggunakan
teknik observasi dan wawancara mendalam. Penulis meneliti secara alamiah apa
saja yang terjadi dilapangan, kemudian peneliti menafsirkan apa yang dilihat,
didengar dan dikumpulkan dengan ilmu Antropologi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang ayam suku Melayu
di Pasar Simpang Limun memiliki etos kerja keras, disiplin, kemandirian,
kebersamaan dan saling tolong menolong. Terbentuknya etos kerja yang mereka
miliki disebabkan oleh faktor kekerabatan, tradisi atau adat istiadat dan ilmu
pengetahuan. Dalam menghadapi persaingan antar pedagang ayam pada suku
Melayu di Pasar Simpang Limun Medan, nilai budaya yang tertanam dalam diri
mereka memiliki pengaruh yang kuat. Pandangan hidup yang mereka miliki
tertanam didalam diri sebagai pendorong untuk menumbuhkan semangat kerja
yang tinggi agar selalu berprestasi, dinamis dan inovatif. Sehingga pedagang
ayam suku Melayu mampu mencari dan memanfaatkan peluang ditengah
persaingan yang ketat.
Collections
- Undergraduate Theses [939]