Pola Asuh Anak di Desa Perlis (Studi Kasus di Desa Perlis, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat)
Abstract
Peranan didikan pola asuh anak merupakan hal terpenting dalam pembentukan sikapdan tingkah laku anak, juga menentukan arah masa depan anak di kemudian hari. Tulisan ini mengkaji tentang gambaran didikan pola asuh di Desa Perlis, Kecamatan Brandan Barat, kabupaten Langkat. Selain itu, tulisan ini juga mendeskripsikan karakteristik masyarakat atau keluarga nelayan di Desa Perlis, dan kendala yang dihadapi keluarga Nelayan Desa Perlis dalam Mendidik Anak. Tujuan dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui cara didikan anak di desa Perlis dan untuk mengetahu kendala dan hambatan yang dihadapi dalam mendidik dan mengasuh anak di desa Perlis.
Penulisan ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif untuk mengungkap secara mendalam bagaimana pola didik Orang tua di Desa Perlis. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari 1) Subjek Penelitian yaitu 10 keluarga yang bekerja sebagai nelayan di Desa Perlis dan memiliki anak berusia 1 – 18 tahun; 2) Sumber Pustaka; dan 3) Wawancara dan Dokumentasi di lapangan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi).
Hasil penelitian menggambarkan bahwa 1) Didikan pola asuh orang tua yang diterapkan pada anak nelayan tradisional di Desa Perlis Kecamatan Brandan Barat, Kabupaten Langkat adalah pola asuh otoriter dan pola asuh permisif dikarenakan rata – rata orang tua di Desa Perlis tidak terlalu membatasi anak dalam melakukan sesuatu dan tidak ada aturan-aturan khusus yang orang tua terapkan untuk anak dan 2) Kendala yang dihadapi keluarga nelayan Desa Perlis dalam mengasuh anak diantaranya adalah faktor lingkungan, pengetahuan orang tua dan keadaan ekonomi orang tua serta kurangnya waktu yang tersedia untuk mengasuh anak dikarenakan kesibukan yang dialami oleh orangtua pada keluarga nelayan Desa Perlis.
Collections
- Undergraduate Theses [939]