• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Ethnomusicology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Cultural Sciences
    • Department of Ethnomusicology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Struktur Musikal, Makna Tekstual dan Fungsi Singkat Ni Andung-Andung Pada Ibadah Ugamo Bangso Batak yang Berpusat di Kelurahan Cinta Damai Kampung Lalang Kecamatan Medan-Helvetia

    View/Open
    Fulltext (2.785Mb)
    Date
    2020
    Author
    Siahaan, April Gunawan
    Advisor(s)
    Naiborhu, Torang
    Purba, Setia Dermawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ugamo Bangso Batak adalah Organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang bersifat keagamaan dan mempercayai Debata Mulajadi Nabolon sebagai Tuhan Yang Maha Esa. Dalam melaksanakan ibadahnya, selain berdoa ugamo bangso batak juga bernyanyi, mereka selalu menyebut kata pengantar sebelum menyanyikan nyanyian tersebut, yaitu "Songon Singkat ni Andung-andungta" . Secara etimologi, SINGKAT NI ANDUNG-ANDUNG berasal dari 2 kata, yaitu "Singkat" berarti "pengganti" sedangkan "Andung-andung" berarti "ratapan". Dengan demikian Singkat ni andung-andung dapat diartikan sebagai pengganti ratapan. Sesuai dengan judul diatas, tujuan daripada penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran proses berjalannya ibadah ugamo bangso batak dan juga akan menganalisis struktur musikal, makna tekstual serta fungsi singkat ni andung-andung dalam ibadah ugamo bangso batak. Untuk mengkaji struktur musikal singkat ni andung-andung, penulis menggunakan teori yang dibuat oleh Bruno Nettl dalam bukunya yang berjudul Theory and Method in ETHNOMUSICOLOGY tahun 1964. Dalam buku tersebut dijelaskan beberapa cara mendeskripsikan musik yaitu: (1) tonalitas, (2) ritme, (3) bentuk, (4) tempo,dan (5) kontur melodi (1964: 1450-1550). Berikutnya, untuk mengkaji makna tekstual dalam beberapa nyanyian pada saat ibadah Ugamo Bangso Batak, Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan teori makna tekstual (Alan P. Merriam), penulis juga menggunakan teori yang dikemukakan oleh Alan P. Merriam (1964: 223-226), yaitu 10 Fungsi dan Penggunaan Musik. ii Secara garis besar, penelitian ini menggunakan 3 tahapan metode penelitian yaitu, penulis melakukan studi pustaka sebelum turun ke lapangan, lalu penulis melakukan studi lapangan seperti ( mengobservasi, wawancara, perekaman, pencatatan) dan kerja laboratorium Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran proses berjalannya ibadah ugamo bangso batak dan struktur musikal serta makna tekstual singkat ni andung-andung pada ibadah ugamo bangso batak.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/30353
    Collections
    • Undergraduate Theses [298]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
    Universitas Sumatera Utara | Perpustakaan | Resource Guide | Katalog Perpustakaan
    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV