Relevansi Pendidikan Alumni Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara terhadap Dunia Kerja
View/ Open
Date
2020Author
Fahira, Cut Mutia
Advisor(s)
Nasution, Inggrita Gusti Sari
Metadata
Show full item recordAbstract
Higher education pursued by someone should contain important
elements to be implemented in the work field of the graduates. Therefore, there
needs to be a match between graduates’ education with the work field. This
research aims to determine the relevance of graduates' education of the Economic
Development Studies Program Faculty of Economics and Business, University of
North Sumatera, observed from the field of work. In addition, this stu
dy also aims to determine the effect of academic achievement, study period, and
organizational activity on the work of graduates.
The type of research is quantitative descriptive, which is descriptive
research with a quantitative approach. The population is graduates of the
Economic Development Studies Program Faculty of Economics and Business,
University of North Sumatera class of 2011-2015. The amount of sample is 100
respondents using a proportional random sampling technique. The data collection
used is a questionnaire. The analysis technique uses Partial Least Square.
The results show that the relevance of alumni education to the work field
as measured by their occupational fields is 66% in the first job and 71% in the
current employment categorized in the economic and non-economic fields.
Furthermore, relevance, as measured by the cumulative achievement index
(GPA), has a positive and significant effect on work, the study period has no effect
on work, and organizational activity has a positive and significant effect on work. Pendidikan tinggi yang ditempuh oleh seseorang sudah seharusnya
mengandung unsur-unsur penting untuk diimplementasikan dalam pekerjaan para
lulusan. Oleh karena itu, perlu ada kesesuaian antara pendidikan lulusan dengan
dunia kerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui relevansi pendidikan
lulusan Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Sumatera Utara yang diamati dari bidang pekerjaan. Selain itu, penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengaruh prestasi belajar, masa studi, dan
keaktifan berorganisasi terhadap dunia kerja para lulusan.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, yaitu penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah lulusan
Program Studi Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara
tahun angkatan 2011-2015. Pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan
proportional random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis Partial Least Square.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi pendidikan alumni
terhadap dunia kerja yang diukur berdasarkan bidang pekerjaan mereka sebesar
66% pada pekerjaan pertama dan sebanyak 71% pada pekerjaan saat ini yang
dikategorikan dalam bidang ekonomi dan non-ekonomi. Selanjutnya, relevansi
yang diukur melalui variabel Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) berpengaruh positif
dan signifikan terhadap pekerjaan, variabel masa studi tidak berpengaruh terhadap
pekerjaan, dan variabel keaktifan berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap pekerjaan.
Collections
- Undergraduate Theses [2752]
