Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Terhadap Transportasi Online Gojek Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara
View/ Open
Date
2020Author
Tambun, Frengki
Advisor(s)
Syahwier, Coki Ahmad
Metadata
Show full item recordAbstract
The population continues to increase every year, the demand for transportation also continues to increase. Along with the current development, there is a phenomenon of online transportation services name is Gojek. A new form of innovation that was created to facilitate all public affairs in everyday life.
Datas used by researchers in this research is primary data. Primary data comes from a questionnaire that has been given by the author to 90 students of the Faculty of Economics and Business, University of North Sumatra. The data were processed using SPSS version 26 and Eviews version 10 with Ordinary Least Square (OLS) analysis techniques.
The results showed that there was a negative and insignificant effect of the tarif variable on the demand for Gojek online transportation, while the respective variables of payment methods and services and promotions had a positive and significant effect on the demand for Gojek online transportation. All independent variables in this model have a simultaneous influence on the demand for online transportation Gojek. The independent variable has an effect on the dependent variable by 74%, while the remaining 26% is influenced by other factors. Dengan jumlah penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya maka permintaan transportasi juga terus bertambah. Seiring perkembangan zaman saat ini terdapat fenomena jasa layanan transportasi online yaitu Gojek salah satu bentuk inovasi baru yang diciptakan guna untuk mempermudah segala urusan masyarakat dalam kehidupan sehari hari.
Jenis data yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer berasal dari kuesioner yang telah diberikan oleh penulis terhadap 90 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Data tersebut diolah menggunakan SPSS versi 26 dan Eviews versi 10 dengan tehnik analisis Ordinary Least Square (OLS).
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif dan tidak signifikan dari variabel tarif terhadap permintaan transportasi online Gojek sedangkan masing-masing variabel metode pembayaran dan pelayanan serta promosi memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap pemintaan transportasi online Gojek. Keseluruhan variabel bebas dalam model ini memiliki pengaruh secara simultan terhadap permintaan transportasi online Gojek. Adapun variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen sebesar 74% sedangkan sisanya 26% dipengaruhi oleh faktor lain.
Collections
- Undergraduate Theses [2752]
