Analisis Yuridis Terhadap Pasal 37 UUJN-P Nomor 2 Tahun 2014 tentang Jabatan Notaris dan Kode Etik Notaris Mengenai Sanksi Bagi Notaris yang Menolak Memberikan Jasa Hukum Secara Cuma-Cuma Kepada Orang yang Tidak Mampu
View/ Open
Date
2020Author
Manik, Florence Permenta Br.
Advisor(s)
Ginting, Budiman
Suhaidi
Tony
Metadata
Show full item recordAbstract
Pasal 37 Ayat (1) dan Ayat (2) UUJN-P menyatakan bahwa Notaris wajib
memberikan jasa hukum di bidang kenotariatan secara cuma-cuma kepada orang
yang tidak mampu. Notaris yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud
pada ayat (1) dapat dikenai sanksi berupa peringatan lisan, peringatan tertulis,
pemberhentian sementara, namun ketentuan pasal tersebut tidak menjelaskan
secara rinci mengenai jenis jasa hukum yang dapat diberikan oleh notaris secara
cuma-cuma dan kriteria orang yang tidak mampu, sehingga ketentuan tersebut
akan membebani secara ekonomis mengingat di dalam pembuatan akta diperlukan
meterai, kertas, listrik, gaji pegawai Notaris dan lain-lain biaya yang harus
dikeluarkan terkait dengan instansi lain. Adapun rumusan masalah dalam
penelitian ini adalah apa pengertian jasa hukum yang diberikan oleh notaris secara
cuma-cuma, bagaimana persyaratan dalam penentuan pelaksanaan jasa hukum
cuma-cuma kepada masyarakat tidak mampu di wilayah kerjanya serta bagaimana
analisis terhadap pasal 37 UUJN-P dan kode etik notaris mengenai sanksi bagi
notaris yang menolak memberikan jasa hukum secara cuma-cuma.
Penelitian ini menggunakan penelitian hukum yuridis empiris yang bersifat
deskriptif analitis. Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dari hasil
wawancara dan data sekunder yang diperoleh dari bahan hukum primer, bahan
hukum sekunder, dan bahan hukum tersier.
Pasal 37 UUJN tidak menyebutkan secara spesifik mengenai apa itu jasa
hukum dan jasa hukum secara cuma-cuma seperti apa yang dapat diberikan
kepada orang yang tidak mampu, tetapi secara logis dapat diambil kesimpulan
bahwa jasa hukum yang dapat diberikan oleh Notaris kepada orang yang tidak
mampu adalah berupa konsultasi hukum dan Penyuluhan hukum. Hal ini
dikarenakan jika jasa hukum berupa pembuatan akta diberikan kepada orang tidak
mampu rasanya terlalu memberatkan Notaris, sebab banyak biaya yang harus
dikeluarkan dalam pembuatan akta. Persyaratan dalam penentuan pelaksanaan
Jasa hukum cuma-cuma kepada masyarakat tidak mampu di wilayah kerjanya
pada dasarnya tidak diatur dalam UUJN maupun Kode Etik Notaris, namun
Notaris dapat menentukan sendiri kriterianya. Adapun analisis terhadap Pasal 37
UUJN-P dan Kode Etik Notaris bahwa Sudah selayaknya dan seharusnya notaris
memberikan jasa hukum secara cuma-cuma berupa penyuluhan hukum dan
konsultasi hukum kepada masyarakat, sebab notaris merupakan profesi yang
mulia, namun dalam hal memberikan jasa hukum berupa akta notaris, maka
seharusnya tidak ada paksaan kepada notaris tersebut untuk memberikan jasa
hukum berupa membuat akta secara cuma-cuma, mengingat tidak semua notaris
mempunyai finansial yang cukup. Jikapun memang diharuskan memberikan
bantuan berupa jasa hukum secara cuma-cuma harusnya pemerintah ikut campur
dalam hal ini. Chapter 37 verse 1 and 2 UUJN-P describe that Notary have to give help
for free about the Notary to person who is not able to pay. Notary who break the
rules in verse 1 can be punished by spoken reminder, written reminder, temporary
disbanned, either wise the chapter isn't describe in detail about the kind of legal
service the Notary have to give for free and the criteria of the person who is not
able to pay the fee, so the rules will burden the Notary itself ,because in process of
making the document, it needs the cost for stamp, paper, Electricity, salary of the
Employee in Notary office etc and another payment which connected to another
side. The formulation of the problem in this study is what's the main meaning of
legal service which is given by the Notary for free, in terms of the Determination
of the implementation of the legal service for free to the people who is not able to
pay the fee in their working area and how is the analysis of the chapter 37
UUJN-P and Notary ethics code regarding the sanctions for the notaries who
refuse provide legal service for free.
This observation is using the juridical empirical observation which the
characteristic is descriptive analysist. This observation using primary data which
get by the interview and the secondary data get by primary lawmaterial,
secondary law material and tertiery law material.
The chapter 37 UUJN-P don't tell us spesifically about what is the free
legal service as what they can give to person who is not able to pay, but logically
the conclusion is the legal service which the Notary can give to the person who is
not afford to pay is like the law consultation and law counceling. This is happened
because if the legal service as document making give to person who is not afford
to pay feels so hard to Notary himself, because there are so many cost in making
the legal document. In terms of deciding the implementation of the free legal
service to person who cant afford to pay in their working area are basically not
stipulated in Uujnp or Notary ethics code, but the Notary itself. The analysis of
Article 37 of the UUJN-P and the Notary Ethics Code that it is appropriate and
notary that notaries should provide free legal services in the form of legal
counseling and legal consultation to the public, because notaries are a noble
profession, but in terms of providing legal services in the form of a notary deed ,
then there should be no compulsion to the notary to provide legal services in the
form of making a deed for Free, bearing in mind that not all notaries have
sufficient finances. Even if it is required to provide assistance in the form of legal
services for free, the government should intervene in this matter.
Collections
- Master Theses (Notary) [2270]