Strategi Penjualan Ulos pada Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama
Abstract
Skripsi yang berjudul Srategi Penjualan Ulos pada Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama ini bertujuan untuk menjelaskan penertian ulos secara gari besar, proses pembuatan, proses distribusi dan individualisme pedangang ulos dalam persaingan bisnis. Persaingan yang dilakukan di dalam dan luar negeri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dimana penulis dapat mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pegawai Galeri ulos Sianipar, penenun dan konsumen yang datang untuk membeli hasil produksi. Untuk memperoleh data yang objektif, penulis mengunakan teknik observasi dan wawancara mendalam, yaitu mewawancarai pihak-pihak yang mendukung terhadap data penelitian skripsi ini, adapun pihak yang di wawancarai penulis seperti pemilik Galei Ulos Sianipar, kordinator pegawai di Galeri, penanggungjawab tempat produksi, kemudian konsumen yang datang ke Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama. Semua itu tidak dapat berjalan dengan mudah sebelum penulis membangun hubungan baik dengan pemilik galeri dan informan yang penulis wawancarai.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa ulos yang dulu kita ketahui hanya sering dipakai pada upacara adat kini dapat digunakan diluar upacara adat. Beberapa jenis ulos di modifikasi membentuk tas, kotak pensil, pakaian serta hiasan diniding. Hal ini dimulai oleh pemilik Galeri Ulos Sianipar. Awal mulanya hanya membuat kerajinan dari kain perca, lalu karena adanya peminat maka terbentuklah ide menenun ulos sekaligus menenun kain bermotif ulos. Seperti halnya pebisnis lain, Galeri Ulos Sianipar memiliki strategi sendiri dalam produksi dan distribusi. Apabila hasil produksi tenun ulos telah mencukupi bahkan berlebih melebihi target, maka Pertenunan Ulos Sianipar kemudian menenun kain bermotif Ulos agar dapat menambah keuntungan dan memenuhi kebutuhan bahan untuk pembuatan ulos.
Collections
- Undergraduate Theses [939]