• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Penjualan Ulos pada Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama

    View/Open
    Fulltext (2.684Mb)
    Date
    2019
    Author
    Silaban, Amos B M
    Advisor(s)
    Zulkifli
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Skripsi yang berjudul Srategi Penjualan Ulos pada Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama ini bertujuan untuk menjelaskan penertian ulos secara gari besar, proses pembuatan, proses distribusi dan individualisme pedangang ulos dalam persaingan bisnis. Persaingan yang dilakukan di dalam dan luar negeri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif, dimana penulis dapat mendeskripsikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan pegawai Galeri ulos Sianipar, penenun dan konsumen yang datang untuk membeli hasil produksi. Untuk memperoleh data yang objektif, penulis mengunakan teknik observasi dan wawancara mendalam, yaitu mewawancarai pihak-pihak yang mendukung terhadap data penelitian skripsi ini, adapun pihak yang di wawancarai penulis seperti pemilik Galei Ulos Sianipar, kordinator pegawai di Galeri, penanggungjawab tempat produksi, kemudian konsumen yang datang ke Galeri Ulos Sianipar dan UKM Bersama. Semua itu tidak dapat berjalan dengan mudah sebelum penulis membangun hubungan baik dengan pemilik galeri dan informan yang penulis wawancarai. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa ulos yang dulu kita ketahui hanya sering dipakai pada upacara adat kini dapat digunakan diluar upacara adat. Beberapa jenis ulos di modifikasi membentuk tas, kotak pensil, pakaian serta hiasan diniding. Hal ini dimulai oleh pemilik Galeri Ulos Sianipar. Awal mulanya hanya membuat kerajinan dari kain perca, lalu karena adanya peminat maka terbentuklah ide menenun ulos sekaligus menenun kain bermotif ulos. Seperti halnya pebisnis lain, Galeri Ulos Sianipar memiliki strategi sendiri dalam produksi dan distribusi. Apabila hasil produksi tenun ulos telah mencukupi bahkan berlebih melebihi target, maka Pertenunan Ulos Sianipar kemudian menenun kain bermotif Ulos agar dapat menambah keuntungan dan memenuhi kebutuhan bahan untuk pembuatan ulos.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/31281
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV