Pola Asuh Orangtua terhadap Pendidikan Anak Autis di Lembaga Terapi Deli Serdang (Studi Deskriptif di Rumah Pendidikan Alifah “Klinik Autisme
View/ Open
Date
2019Author
Azizah, Nur
Advisor(s)
Munthe, Hadriana Marhaeni
Metadata
Show full item recordAbstract
The pattern of caring for families with autistic children is now in the spotlight of the community and interesting to be investigated in involving the care process. This is because, parenting is very influential in education, growth and development of children with autism. The study of family parenting is an argument that provides insight into how family involvement in formal education can be carried out. The study aims to explain how the parenting provide by parents in educating and caring for children with autism and the attitude of parents in addressing the education of autistic children. this research is a qualitative descriptive study that makes individuals the subject of research. The location of this research is in the “Alifah Education House Foundation” with 5 informants. The results of this study indicate that families make autistic clinical therapy a bridge in helping the development and education of children with autism . In accordance with the basic idea, which explains that individuals live, develop and change are inseparable from the structure and influence of the family, the students as an important part of family life are subjects who participate in forming an overall family structure. The results of this study also showed that theoretically there were three types of parenting, namely authoritarian, permissive, and democratic. From this study it was found that the background of informants who have different levels of education and occupation. Pola asuh keluarga yang memiliki anak autis dewasa ini menjadi sorotan masyarakat dan menarik untuk diteliti dalam pelibatkan proses pengasuhannya. Hal ini karena, pola asuh sangat berpengaruh dalam pendidikan, bertumbuhan dan perkembangan anak autis. Kajian tentang pola asuh keluarga merupakan argumentasi yang memberikan wawasan bagaimana pelibatan keluarga dalam pendidikan formal dapat dilaksanakan. Penelitian ini bertujuan menjelaskan bagaimana pola asuh yang diberikan orang tua dalam mendidik dan mengasuh anak autis dan sikap orang tua dalam menyikapi pendidikan anak autis. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menjadikan individu sebagai subjek penelitian. Lokasi penelitian ini berada di “Yayasan Rumah Pendidikan Alifah” dengan informan sebanyak 5 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga menjadikan terapi klinik autis sebagai jembatan dalam membantu perkembangan dan pendidikan anak autis . Sesuai dengan ide dasarnya, yang menjelaskan bahwa individu hidup, berkembang dan berubah tidak lepas dari struktur dan pengaruh keluarga, maka siswa sebagai bagian penting dalam kehidupan keluarga merupakan subyek yang ikut dalam membentuk sebuah struktur keluarga secara keseluruhan. Hasil dari penelitian ini juga menunjukkan secara teoritik ada tiga jenis pola asuh, yaitu otoriter, permisif, dan demokratis. Dari penelitian ini ditemukan bahwa latarbelakang informan yang memiliki tingkatan pendidikan dan pekerjaan yang berbeda-beda.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
