Respon Kenaikan Iuran BPJS Kesehatan Mandiri dan Keberlanjutan Kepesertaan di Kecamatan Medan Marelan Tahun 2020
Abstract
The Health Social Security Administering Body officially increases the
contribution amount for Participants BPJS Mandiri Health Care Class 1 and 2.
The policy is contained in Presidential Regulation (Perpres) Number 64 of 2020
concerning Second Amendment to the Presidential Decree Number 82 of 2018
concerning Health Insurance. This increase in fees turned out to have pros and
cons. Several participants stated that the increase in contributions was too high
or not balanced with health services which is still not optimal. The purpose of this
study to find out how the BPJS Kesehatan Mandiri participants responded to the
increase amount of fees and sustainability of membership in Medan Marelan
District. This research uses quantitative research that is descriptive in nature. The
population of this study are all the BPJS Kesehatan Mandiri participants in care
class 1, 2 and 3 in the District Medan Marelan which is as many as 24,835
people. The sample in this study was selected using Random Sampling that uses
the formula from Slovin with a sample size of 100 person. Data is then obtained
by interview using a questionnaire. Research result stated that the informant
responded negatively or objected to this increase in the amount of BPJS
contributions, the number of family members who are registered as participants
will automatically affect the amount of dues payment each month and the
informant rarely use BPJS Kesehatan services to feel disadvantaged by the
increase in size dues. informants obey and pay dues according to the time
determined by the parties BPJS because they don't want to lose their membership
rights. Informants too stated that they continued their participation by paying
dues even though they felt objection to this increase in fees because they need
health services. Participants hoped that the BPJS would further improve the
service system and so that there are no further increases in contributions at a
later date. Participants also expect that they dont complicate or slow down when
processing files regarding health services. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan resmi menaikan besaran iuran
untuk Peserta BPJS Kesehatan Mandiri Kelas Rawatan 1 dan 2. Kebijakan
tersebut tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020
tentang Perubahan Kedua Atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan
Kesehatan. Kenaikan iuran ini ternyata menuai pro dan kontra. Beberapa orang
peserta menyatakan kenaikan iuran terlalu tinggi serta tidak diimbangi dengan
pelayanan kesehatan yang belum maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana respons peserta BPJS Kesehatan Mandiri terkait kenaikan
besaran iuran dan keberlanjutan kepesertaan di Kecamatan Medan Marelan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif.
populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta BPJS Kesehatan Mandiri
kelas rawat 1, 2 dan 3 di Kecamatan Medan Marelan yaitu sebanyak 24.835
orang. Sampel dalam penelitian ini dipilih secara Random Sampling menggunakan
rumus dari Slovin dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Data diperoleh
dengan wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa
informan merespon negatif atau merasa keberatan dengan adanya kenaikan
besaran iuran BPJS, jumlah anggota keluarga yang terdaftar menjadi peserta
secara otomatis akan mempengaruhi jumlah pembayaran iuran setiap bulannya
dan informan yang jarang memanfaatkan pelayanan BPJS Kesehatan merasa
dirugikan dengan kenaikan besaran iuran. informan patuh dan membayar iuran
sesuai dengan waktu yang ditentukan oleh pihak BPJS karena mereka tidak ingin
kehilangan hak kepesertaan mereka. Informan juga menyatakan tetap melanjutkan
kepesertaan dengan membayar iuran walaupun merasa keberatan dengan adanya
kenaikan iuran ini karena mereka membutuhkan layanan kesehatan. peserta
mengharapkan agar pihak BPJS lebih meningkatkan lagi sistem pelayanan dan
agar tidak adanya kenaikan iuran lagi di kemudian hari. Peserta juga
mengharapkan agar tidak dipersulit dan diperlambat sewaktu pengurusan berkas.
Collections
- Undergraduate Theses [3030]