Jaringan Sosial Mikro Kecil dan Menengah ( UMKM ) “Sepatu Bunut” Kota Kisaran dalam Keberlangsungan Usaha
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kerja sama sebagai
jaringan sosial pengrajin UMKM Sepatu Bunut serta hubungan ekonomi
masyarakat yang kaitannya dengan keberlangsungan usaha. Jaringan sosial
pengusaha meliputi bagaimana hubungan-hubungan kerja sama yang terjalin
didalam kehidupan perajin. Sedangkan dalam lingkup keberlangsungan usaha
melihat proses produksi yang dilihat dari aspek sosiologisnya baik dari segi
permodalan, ketenagakerjaan, proses produksi serta pemasaran produk Sepatu
Bunut Kota Kisaran. Subyek penelitian ini adalah masyarakat, yakni pengrajin
dan pengusaha UMKM Sepatu Bunut di Kabupaten Asahan. Selain itu juga
melibatkan dari pihak pemerintah Kabupaten Asahan yang meliputi Dinas Tenaga
Kerja, Dinas Koperasi dan Perdagangan UMKM Kabupaten Asahan, Kepala
Lurah Kelurahan Bunut serta KTU UPT PBDP Asahan. Metode penelitian yang
dipergunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber
pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang melibatkan sekitar 24
informan maupun studi kepustakaan lainya. Hasil dari penelitian ini, bahwa
jaringan sosial pengrajin UMKM Sepatu Bunut dalam keberlangsungan usaha
adalah bersifat relasi hubungan kerja sama yang terikat dengan tujuan untuk
keberlanjutan usaha dengan waktu yang lama atau panjang. Hubungan kerja sama
yang dilakukan pengrajin UMKM Sepatu Bunut menganut pada aspek
kepercayaan. Hubungan kerja sama ini dilakukan pengrajin UMKM Sepatu
Bunut untuk membantu kuatnya keberlangsungan usaha. Adapun beberapa
hubungan kerja sama yang di temukan peneliti yakni, hubungan kepada pemasok
bahan baku, pemerintah, supporter (perusahaan dan lembaga bank), pendistributor
maupun kepada konsumen. Kuatnya hubungan kerja sama yang dilakukan oleh
pengrajin UMKM Sepatu Bunut didasari pada aspek kepercayaan. Kepercayaan
jadi modal penting dalam keberlangsungan usaha dari pengrajin UMKM Sepatu
Bunut. Jaringan sosial yang ada pada UMKM Sepatu Bunut adalah pengaruh
besar terjadinya keberlangsungan usaha. Keberlangsungan usaha Sepatu Bunut
memilki keterikatan dengan hidup pengrajin. Dalam keberlangsungan usaha
terdapat jaringan sosial yang menjadi penguat dan kuatnya keberlangsungan usaha
UMKM Sepatu Bunut. Selain itu, usaha jaringan sosial yang dilakukan, memiliki
modal kepercayaan. Modal keprcayaan yang ada adalah bagian kesuksesan dalam
jaringan sosial UMKM Sepatu Bunut. This study aims to determine the collaborative relationship as a social
network for SME MSME craftsmen and the economic relations of the community
in relation to business continuity. The entrepreneur's social network includes how
the cooperative relationships that are interwoven in the life of the craftsman.
Whereas in the scope of business continuity see the production process which is
seen from its sociological aspects both in terms of capital, employment, the
production process and product marketing of Kota Bunut Shoes products. The
subjects of this study were the community, namely craftsmen and SMEs from
Bunut Shoes in Asahan Regency. In addition, it also involved the government of
the Asahan Regency which included the Manpower Office, the MSME
Cooperative and Trade Office of Asahan Regency, the Head of the Village Head
of Bunut Village and the KTU UPT PBDP Asahan. The research method used is
descriptive research method with a qualitative approach. Sources of data
collection through observation and interviews involving around 24 informants and
other literature studies. The results of this study, the social network of UMKM
UMKM craftsmen in business continuity is a relationship that is related to
cooperation related to the long-term or long-term sustainability of the business.
The cooperative relationship between UMKM craftsmen in Bunut Shoes adheres
to the aspect of trust. This cooperation relationship is carried out by the Bunut
UMKM craftsmen to help strengthen business continuity. As a number of
cooperative relationships found by researchers, relations to raw material suppliers,
governments, supporters (companies and bank institutions), distributors and
consumers. The strong cooperative relationship between UMKM craftsmen in
Bunut Shoes is based on aspects of trust. Trust is an important capital in the
continuation of the business of UMKM Bunut craftsmen. The social network
available at Bunut Shoes MSMEs is a major influence on business continuity. The
business continuity of Bunut Shoes has an attachment to the lives of craftsmen. In
business continuity there is a social network that strengthens and strengthens the
sustainability of the Bunut UMKM business. In addition, the social network
business that is carried out has trust capital. Trust capital is a part of success in the
Bunut UMKM social network.
Collections
- Undergraduate Theses [939]