Imitasi K-Pop pada Kalangan Fans Laki-Laki (Fanboy) di Kota Medan
Abstract
Penelitian ini tentang bagaimana imitasi yang dilakukan oleh fans laki-laki (fanboy)
terhadap idolanya. Belakangan ini, K-Pop sudah menunjukkan eksistensinya dalam
dunia entertainment. Perkembangan yang semakin pesat, juga tidak menghilangkan
fenomena-fenomena baru yang tidak kalah menarik muncul dari kalangan fansnya.
Mulai dari tingkah lakunya yang fanatik, hingga perilaku imitasi yang dilakukan oleh
fans tersebut. Penelitian ini, penulis ingin meneliti bagaimana perilaku imitasi yang
dilakukan oleh fanboy. Peneliti juga ingin mengetahui, seperti apakah perilaku imitasi
yang dilakukan oleh fanboy. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mendeskripsikan bentuk-bentuk
imitasi yang dilakukan oleh fanboy terhadap idolanya. Hasil yang didapatkan pada
penelitian ini, beragamnya bentuk-bentuk imitasi yang dilakukan oleh fanboy. Mulai
dari style pakaian yang dianggap update, kepribadian idol yang hangat dan ramah
kepada orang lain, sikap seorang idol yang menjadi panutan bagi fanboy untuk diikuti,
bahasa, kebudayaannya hingga peran dari posisi sang idol di dalam grupnya seperti
peran seorang leader. Dalam penelitian ini, di mana bergesernya nilai maskulinitas
pada era dahulu dengan era sekarang. Fanboy pada penelitian ini menunjukkan lelaki
yang peduli dengan style pakaian dan penampilan fisiknya, memiliki gerakan badan
yang lentur dalam bidang dance, sikapnya yang lembut terhadap orang lain. Tampilan
dari hasil imitasi yang dilakukan oleh fanboy telah menujukkan pergeseran nilai-nilai
maskulinitas yang diterima oleh masyarakat. Maskulinitas yang baru disebut juga
dengan soft masculinity. This research is about how the imitation done by male fans (fanboy) to his idol. Lately, K-Pop has shown its existence in the entertainment world. Rapid development, also does not eliminate new phenomena that are no less interesting to emerge from among his fans. Starting from his fanatical behavior, to the imitation behavior carried out by the fans. This research, the writer wants to examine how the imitation behavior carried out by fanboy. Researchers also want to find out, such as whether the behavior of imitation carried out by fanboys. The research method used is a qualitative method with a descriptive approach. Researchers describe the forms of imitation carried out by fanboy against his idol. The results obtained in this study, the variety of imitation forms carried out by fanboy. Starting from the style of clothing that is considered an update, the personality of an idol who is warm and friendly to others, attitudes of an idol who became a role model for fanboys to follow, language, culture to the role of the idol's position in the group such as the role of a leader. In this study, where the shift in the value of masculinity in the past era with the current era. Fanboy in this study showed that men who care about their clothing style and physical appearance, have flexible body movements in the dance, and have a gentle attitude towards others. The appearance of the imitation made by fanboy has shown a shift in the values of masculinity that are accepted by society. The new masculinity is also called soft masculinity.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
