Pemanfaatan Modal Sosial sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Siswa (Studi pada Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan)
View/ Open
Date
2019Author
Nisa, Siti Auliyatun
Advisor(s)
Elida, Linda
Metadata
Show full item recordAbstract
Pendidikan madrasah merupakan sebuah representasi kehidupan bermasyarakat untuk menanamkan nilai-nilai keagamaan. Madrasah di masyarakat sudah dipandang sangat penting karena mampu melakukan pengembangan intelektual dan kemampuan diri untuk penguatan akhlak sesuai dengan ajaran Islam. Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan Selama berdiri terus mengalami peningkatan kualitas dan jumlah siswa terbukti dari data perkembangan jumlah siswa yang diperoleh. Peningkatan yang terjadi tak lepas dari peran Modal sosial yang dijalankan di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan melalui seluruh komunitas Madrasah.
Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui mengapa modal sosial digunakan sebagai strategi meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 (MAPN4) dan Bagaimana pemanfaatan modal sosial sebagai strategi meningkatkan kualitas dan kuantitas siswa di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 (MAPN 4). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ditentukan dengan prosedur purposive. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam melakukan wawancara yang menjadi informan adalah: komunitas madrasah, siswa, instansi pemerintahan, orangtua siswa, dan alumni yang sudah sesuai dengan kriteria informan dalam penelitian ini yang berjumlah 10 informan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan modal sosial di Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 dijalankan terutama Kepercayaan. Kepercayaan dilihat dari bagaimana Madrasah Aliyah Persiapan Negeri 4 Medan mampu menunjukkan sesuatu yang ada di Madrasah, seperti: Komunitas Madrasah melakukan kerjasama dalam melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas siswa dengan menjaring siswa/i berprestasi di bidang akademik untuk mengikuti olimpiade. Komunitas Madrasah juga melakukan pelatihan kepada siswa/i dalam mengikuti acara/ kegiatan yang dilakukan sesuai dengan bakat yang dimiliki siswa/i. Jaringan sosial didalamnya terdapat hubungan yang dibangun melalui komunitas Madrasah. Norma (aturan yang telah disepakati) dan Nilai bersumber pada penilaian yang diberikan. Madrasa education is a representation of community life to instill religious values. Madrasas in the community have been seen as very important because they are able to develop their intellectual abilities and abilities to strengthen morals in accordance with Islamic teachings. Madrasah Aliyah Negeri Negeri 4 Medan Preparation During its standing continued to experience an increase in the quality and number of students as evidenced by the data on the development of the number of students obtained. The increase is inseparable from the role of social capital that is carried out in Madrasah Aliyah, Preparation of State 4 Medan through the entire Madrasah community.
Therefore researchers want to know why social capital is used as a strategy to improve the quality and quantity of students in Madrasah Aliyah Preparation 4 (MAPN4) and How to use social capital as a strategy to improve the quality and quantity of students in Madrasah Aliyah Preparation 4 (MAPN 4). This research is a qualitative descriptive study. Research informants determined by purposive procedure. Data were collected using interview, observation and documentation methods. In conducting interviews, the informants were: madrasa community, students, government agencies, parents, and alumni who were in accordance with the criteria of informants in this study, amounting to 10 informants.
From the results of research conducted social capital in Madrasah Aliyah Preparation for State 4 is run primarily Trust. Trust can be seen from how Madrasah Aliyah Preparation Negeri 4 Medan is able to show something in Madrasah, such as: Madrasah community cooperates in improving the quality and quantity of students by capturing students who excel in academics to participate in the Olympics. The Madrasah community also conducts training for students in participating in events / activities carried out in accordance with the talents of the students. The social network has a relationship built through the Madrasah community. Norms (agreed rules) and Value are based on the assessment given.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
