Peranan Modal Sosial dalam Implementasi Program Coorporate Social Responsibility (CSR) Inalum Batubara
Abstract
PT. Inalum batubara merupakan perusahaan yang bergerak pada pengolahan
biji aluminium menjadi aluminium mentah. Namun dalam kemajuannya tidak
terlepas dari masyarakat sekitar untuk itu perusahaan tidak hanya meningkatkan
laba dan kinerja tetapi juga peduli terhadap problem sosial. dalam undang-undang
perseroan terbatas (UUPT) Pasal 74 No 40 tahun 2007 perseroan yang
menjalankan kegiatan usahanya wajib melaksanakan tanggung jawab sosial dan
lingkungan untuk pembangunan masyarakat. Melalui Corporate Social
Responsibility (CSR) merupakan sebuah komitmen dari suatu perusahaan untuk
memberikan kontribusi yang lebih pada masyarakat. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ditentukan dengan prosedur
purposive. Data dikumpulkan dengan tiga metode yaitu, wawancara, observasi
dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dalam implementasi program CSR
perusahaan membangun hubungan kerja sama yang baik antara perusahaan,
pemerintah, forum pemuda dan masyarakat setempat yang tujuannya untuk
keberhasilan program yang dijalankan dan meraih sejumlah harapan dan
kepentingan bersama. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa modal sosial
terbangun karena adanya rasa saling percaya dalam menjalin relasi kerjasama
yang baik antara kepala desa, forum pemuda, dan masyarakat. Pada
pelaksanaannya juga diatur norma-norma yang terdapat dalam kesepatakatan
sebagai penerima program, aturan tersebut dilakukan staf CSR untuk menciptakan
sikap yang disiplin dan tanggung jawab sebagai penerima manfaat dalam
menjalankan program. Serta adanya nilai kerja keras, tanggung jawab, kejujuran,
harmonis (keselarasan), dan prestasi sehingga program berhasil dijalankan.
Pemanfaatan modal Modal sosial mampu membangkitkan hubungan kerjasama,
sebagai salah satu bentuk relasi yang di idealkan untuk meraih sejumlah harapan,
kepentingan dan kebutuhan bersama. PT. Inalum is a company engaged in processing aluminum ore into raw aluminum. but in its development can not be separated from the surrounding community for that the company not only increases profits and performance but also cares about social problems. in the Limited Liability Company Law (UUPT) Article 74 No 40 of 2007 companies that carry out their business activities are required to carry out social and environmental responsibility for community development. through Corporate Social Responsibility (CSR) is a commitment from the company to contribute more to the community. This research is a qualitative descriptive study. Research informants determined by purposive procedure. Data were collected by three methods, namely, interviews, observation and documentation. Based on research results in the implementation of CSR programs the company builds good cooperative relationships between companies, governments, youth forums and local communities whose purpose is to succeed the program and achieve a number of hopes and shared interests. From the results of the study it was found that social capital was built because of mutual trust in establishing a good cooperative relationship between the village head, youth forum, and the community. In its implementation, the norms contained in the agreement as program recipients are also regulated by CSR staff to create disciplined attitudes and responsibilities as beneficiaries in running the program. And the value of hard work, responsibility, honesty, harmony (harmony), and achievement so that the program can be successfully run. Utilization of capital Social capital is able to produce cooperative relationships, as an ideal form of relationship to achieve a number of hopes, interests and joint needs.
Collections
- Undergraduate Theses [939]