Analisis Cost-Volume-Profit(CVP) terhadap Strategi Maksimalisasi Laba pada Grand Maximum Café & Resto di Jalan Putri Merak Jingga No.2D Medan
View/ Open
Date
2014Author
Tanudjaja, Vixky
Advisor(s)
Rumapea, Malanthon
Metadata
Show full item recordAbstract
Restaurant is a business that is highly preferred by investors assuming that cash turnover can run smoothly and very promising on the purpose to obtain high profits. Cost-Volume-Profit (CVP) Analysis can provide information to the management of a company making it easiertodeterminestrategiesorsteps to be takenbythe companytomaximize theprofitabilityof the company.
The purpose ofthe studyistodeterminehow toimplement thetechniquesof Cost-Volume-Profit (CVP) Analysis andformulate the appropriate strategiestomaximizeprofits of GrandMaximumCafé&Resto.
The research methodology usedon this study of GrandMaximumCafé &Restooverall is cost-volume-profit (CVP) analysis formulti-productin2012-2013andby figuring out the break-evenpoint(break-even), the margin of safety(minimum level of company’s salesin order not tosufferloss), earningscontribution(per categoryof products), the company's coststructureandoperatingleveragein the yearmade the object ofresearch. The data usedis the results of literature, observationandresearch interviewedobject. Data analyzingis done withMicrosoftExcel 2010program.
The calculation results ofthe Cost-Volume-Profit (CVP) Analysisisusedforthe formulation ofcorporateprofit maximizationstrategybasedonsales figuresGrandMaximumCafé &Restowhichhas not had asignificantincrease sothroughprofitcontribution calculationmanagershouldoffer a Bebek C productcategory, Ikan Kerapu, Ikan Malas, Ikan Saljuand all typesof shrimpmenuthatcontributethe highestprofit contribution moreoften. Furthermore, from the calculation has also describedthat GrandMaximumis acompanywitha higher variablecost structurethanthefixed costswithmargin of safetyorientationamounted toRp515,651,960.00and theoperating leveragein 2012is3andin 2013is2. Usaha restoran merupakan usaha yang sangat diminati oleh para investor dengan asumsi bahwa dalam usaha restoran perputaran kas berjalan lancar dan sangat menjanjikan untuk tujuan memperoleh laba tinggi.Analisis Cost-Volume-Profit (CVP) dapat memberikan informasi kepada pihak manajemen perusahaan sehingga lebih mudah dalam menentukan strategi yang harus dilakukan untuk memaksimalkan perolehan laba perusahaan.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui caramengimplementasikan teknik analisis Cost-Volume-Profit (CVP) dan merumuskanstrategi yang tepat untuk memaksimalkan laba Grand Maximum Café & Resto.
Metodologi penelitian yang digunakan pada penelitian Grand Maximum Café & Restoialah analisis Cost-Volume-Profit (CVP) untuk multi-product pada tahun 2012-2013 dan untuk mengetahui berapa titik impas (break-even), tingkat margin of safety (tingkat penjualan minimal perusahaan agar tidak rugi), laba kontribusi (per kategori produk), struktur biaya perusahaan serta tingkat leverage operasi pada tahun yang dijadikan obyek penelitian. Data yang digunakan berasal dari hasil studi pustaka, observasi dan wawancara pada objek penelitian.Penganalisaan data menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2010.
Hasil perhitungan analisis Cost-Volume-Profit (CVP) dapat dimanfaatkan untuk perumusan strategi maksimalisasi laba perusahaan.Berdasarkan laporan laba ruginya, penjualanGrand Maximum Café & Restobelum mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, melalui perhitungan laba kontribusimanager harus lebih sering menawarkan produk kategori Bebek C, Ikan Kerapu, Ikan Malas, Ikan Salju dan segala jenis menu udang yang memberikan laba kontribusi yang paling tinggi.Dari perhitungkan juga diketahui Grand Maximum merupakan perusahaan dengan struktur biaya variabel yang lebih tinggi daripada biaya tetap dengan orientasi tingkat margin of safety adalah sebesarRp515,651,960.00 dan operating leveragetahun 2012 ialah 3 dan tahun 2013 ialah 2.
Collections
- Undergraduate Theses [1387]