Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keluhan Konsumen pada Saluran Distribusi Kecambah Sawit: Studi Kasus Pemasaran Kecambah PPKS kepada Perkebunan Besar
View/ Open
Date
2021Author
Nugroho, Bayu Adhi
Advisor(s)
Chalil, Diana
Wibowo, Rulianda Purnomo
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor – faktor yang berpengaruh
terhadap keluhan konsumen / perkebunan besar yang membeli kecambah sawit di
Pusat Penelitian Kelapa Sawit, Medan. Data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah data sekunder yang memuat informasi mengenai banyaknya kecambah pada
saat pengiriman, jarak pengiriman, lamanya waktu pengiriman dan jenis
transportasi yang digunakan selama proses pendistribusian kecambah sawit ke 154
perkebunan besar yang membeli langsung ke PPKS selama periode 2018 – 2019.
Data dalam penelitian ini selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik
analisis regresi logistik dengan bantuan program STATA untuk menguji pengaruh
jumlah kecambah sawit, jarak tempuh pendistribusian kecambah sawit, waktu
tempuh dan jenis transportasi yang digunakan untuk pendistribusian kecambah
sawit terhadap timbulnya keluhan konsumen akibat kecambah mati, tidak tumbuh
atau kecambah berjamur setelah melalui proses pendistribusian. Berdasarkan hasil
analisis dalam penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa jumlah kecambah sawit,
jarak pengiriman dan jenis transportasi yang digunakan untuk pendistribusian
kecambah sawit terbukti berpengaruh terhadap timbulnya keluhan konsumen akibat
kecambah mati, tidak tumbuh atau kecambah berjamur setelah melalui proses
pendistribusian, sedangkan waktu pendistribusian tidak berpengaruh signifikan
terhadap timbulnya keluhan, sehingga penelitian ini juga memberikan saran-saran
dimasa depan bagi pendistribusian kecambah sawit agar kecambah yang mati, tidak
tumbuh atau kecambah berjamur setelah melalui proses pendistribusian dapat
diminimalkan dan tidak banyak menimbulkan keluhan. This study aims to identify the factors that influence the complaints of consumers /
oil palm plantation who purchased oil palm seedlings at the Indonesian Oil Palm
Research Institute, Medan. The data used in this study is secondary data which
contains information about the counts of seedlings at delivery, distance of delivery,
duration of time on delivery and the type of transportation used during the
distribution process of oil palm seedlings to 154 oil palm plantations that purchased
directly to PPKS during the 2018 - 2019 period. The data in this study were further
analyzed using logistic regression analysis techniques with the help of the STATA
program to test the effect of the counts oil seedlings, distance to distribute seedlings,
duration of time and type of transportation used to distribute oil palm seedlings on
consumer complaints due to dead seedlings, not growing or moldy seedlings after
going through the distribution process. Based on the results of the analysis in this
study, it was concluded that the count of oil palm seedlings, the distance of delivery
and the type of transportation used to distribute the oil seedlings proved to have an
effect on consumer complaints due to dead seedlings, not growing or moldy
seedlings after going through the distribution process, while the distribution duration
of time had no significant effect. Regarding the emergence of complaints, this study
also provides suggestions for the distribution of oil palm seedlings so that the dead,
not growing or moldy seedlings after going through the distribution process can be
minimized and not caused many complaints.
Collections
- Master Theses [287]
