Analisis Strategi Bisnis Industri Kecil di Kabupaten Tapanuli Utara
View/ Open
Date
2021Author
Lumbantoruan, Reynard Setijadi
Advisor(s)
Nazaruddin
Pujangkoro, Sugiharto
Metadata
Show full item recordAbstract
Anggaran dan program pemerintah untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang
telah direalisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara sering terputus pada
tahun penganggaran berikutnya. Disamping itu, berdasarkan peraturan pemerintah
dijelaskan bahwa program bantuan baik berupa hibah maupun bentuk bantuan
lainnya hanya dapat diberikan kepada kelompok UKM dan tidak dapat diberikan
kepada pelaku UKM perorangan. Dewasa ini kelompok UKM di Kabupaten
Tapanuli Utara terbentuk dengan sendirinya oleh sesama pelaku UKM tanpa ada
jaminan ikatan dan tanggungjawab yang kuat. Berdasarkan kondisi diatas
dibutuhkan strategi yang tepat dalam hal pemberian bantuan dan pembinaan kepada
UKM yang sesuai berdasarkan kelompoknya, oleh karena itu perlu dilakukan
pengelompokan UKM yang sesuai dengan jenis dan kesiapan UKM dalam
menerima kebijakan pemerintah. Dalam hal ini pengelompokan harus sesuai
dengan kriteria masing-masing UKM sehingga bisa dilihat dari bagaimana mereka
dapat bertahan sesuai strategi bisnisnya. Pada penelitian ini tipe strategi dibagi
dalam empat kelompok berdasarkan tipologi Miles and Snow yaitu kelompok
Analyzer; Prospector, Reactors dan Defender. Hasil studi ini menunjukkan bahwa
usaha kecil menengah di Kabupaten Tapanuli Utara paling banyak adalah
kelompok strategi Analyzer dengan persentasi 43%; sebesar 15% kelompok adalah
Prospector; 14% adalah kelompok strategi Reactors dan sebesar 28% adalah
kelompok Defender. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaku UKM di Kabupaten
Tapanuli Utara, sebanyak 43% pelaku UKM, memiliki atribut berikut ini: tidak
terlalu berani mengambil risiko melakukan inovasi; produk UKM
berkesinambungan sambil memperhatikan terlebih dahulu sebelum memasuki
pasar yang mapan; meniru dan mengadopsi kelebihan yang dimiliki pesaing
sehingga UKM di Tapanuli Utara jarang menjadi pasar pertama yang bersaing di
pasar. Dengan demikian solusi yang dapat diberikan yaitu penyelenggaran bantuan
dan pembinaan UKM di Tapanuli Utara ditujukan kepada kelompok sasaran
strategis yaitu kelompok strategi Analyzer agar dikembangkan dan diprioritaskan
berdasarkan tipologinya. Government budgets and programs for Small and Medium Enterprises (SMEs) that
have been realized by the North Tapanuli Regency Government are often cut off in
the following budgeting year. In addition, based on government regulations, it is
explained that assistance programs in the form of grants and other forms of
assistance can only be given to SME groups and cannot be given to individual SME
actors. Nowadays the SMEs group in North Tapanuli Regency is formed by itself
by fellow SMEs actors without any guarantee of strong ties and responsibilities.
Based on the above conditions, an appropriate strategy is needed in terms of
providing assistance and guidance to appropriate SMEs based on groups, therefore
it is necessary to group SMEs according to the types and readiness of SMEs in
accepting government policies. In this case, the grouping must be in accordance
with the criteria of each SMEs so that it can be seen from how they can survive
according to their business strategy. In this study, the type of strategy was divided
into four groups according to Typology strategy Miles and Snow, namely the
Analyzer group; Prospector, Reactors and Defender. The results of this study
indicate that the most small and medium enterprises in North Tapanuli Regency are
the Strategy Analyzer group with a percentage of 43%; 15% of the group are
Prospectors; 14% were the Reactors strategy group and 28% were the Defenders
group. These results indicate that the SMEs actors in North Tapanuli Regency, as
much as 43% of the SMEs actors, have the following attributes: not too brave to
take risks to innovate; sustainable SMEs products while paying attention first
before entering an established market; imitate and adopt the advantages of
competitors, so that SMEs in North Tapanuli are rarely the first market to compete
in the market. Thus the solution that can be given is the implementation of
assistance and guidance for SMEs in North Tapanuli to strategic target group is
the Analyzer group strategy so that it is developed and prioritized based on its
typology.
Collections
- Master Theses [177]