dc.contributor.advisor | Napitupulu, Humala L. | |
dc.contributor.advisor | Sitepu, M. Haikal Karana | |
dc.contributor.author | Rida, Rizkha | |
dc.date.accessioned | 2021-05-06T03:13:23Z | |
dc.date.available | 2021-05-06T03:13:23Z | |
dc.date.issued | 2021 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/32439 | |
dc.description.abstract | PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) is one of the state-owned companies engaged in agrarian and natural resource processing of plantations, especially oil palm plantations. According to a source from the company, every day there is still found an average weight shrinkage of 4-5% of the total harvest per day due to restant. This causes the amount of processed FFB supplied to the palm oil mill does not reach the amount of RKAP set by the company. Uncertainty in the number of harvests per day causes the allocation of transportation modes are less optimal in collecting FFB from plantations to palm oil mills causing a shortage of trucks in some afdeling and some are unemployed in some afdeling causing large transportation costs.
Simulation is one of the methods used to find optimal solutions to problems that contain uncertainty and cannot be solved by simple mathematics. The use of Agent-Based Simulations can help to identify the factors that cause the number of trucks that are not optimal by looking at the behavior and interaction between the agent actors involved in the tbs collection and transportation process. Taking into account the cost of collection & transportation, the company gets the optimal solution to determine the number of trucks to be rented to the transportation company. The results showed the utilization rate of transportation modes increased from 27% to 40% by reducing the number of truck units rented from 177 trucks to 118 trucks and reducing transportation collection costs by 0.225% of the total cost value. In addition, the queuing system at weighing stations has also been improved to reduce the waiting time for trucks to be weighed from 1 server to 2 servers. The results showed that the waiting time was nil and reduced the journey time by 1388 minutes. With the reduced journey time, the quality of the oil palm is better with the reduction of free fatty acids (FFA) and the average weight loss of FFB and an increase in the quantity of processed FFB by 2.93%, namely 1,009,145 Kg / month. | en_US |
dc.description.abstract | PT. Perkebunan Nusantara III (Persero) merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang agraria dan pengolahan sumber daya alam perkebunan, khususnya perkebunan kelapa sawit. Menurut narasumber dari pihak perusahaan, setiap hari masih adanya ditemukan susut berat janjangan rata sebesar 4-5% dari total panen per harinya akibat restant. Hal ini menyebabkan jumlah TBS olah yang dipasok ke pabrik kelapa sawit tidak mencapai jumlah RKAP yang ditetapkan oleh pihak perusahaan. Ketidakpastian jumlah panen tiap harinya menyebabkan alokasi moda transportasi kurang optimal dalam mengumpulkan TBS dari kebun ke pabrik kelapa sawit yang menyebabkan adanya kekurangan truk di beberapa afdeling dan ada pula yang menganggur di beberapa afdeling menyebabkan biaya transportasi besar.
Simulasi adalah salah satu metode yang digunakan untuk menemukan solusi optimal dari permasalahan yang mengandung ketidakpastian dan tidak dapat dipecahkan oleh matematika sederhana. Penggunaan Simulasi Berbasis Agen dapat membantu untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan jumlah truk yang tidak optimal dengan melihat behavior dan interaksi antara agen-agen pelaku yang terlibat di dalam proses pengumpulan dan transportasi TBS. Dengan mempertimbangkan biaya pengumpulan & transportasi, perusahaan mendapat solusi optimal untuk menentukan jumlah truk yang akan disewa ke perusahaan pengangkutan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat utilisasi moda transportasi bertambah dari 27 % menjadi 40 % dengan mengurangi jumlah unit truk disewa dari 177 truk menjadi 118 truk dan mengurangi biaya pengumpulan transportasi sebesar 0,225% dari total nilai biaya. Selain itu, juga diperbaiki sistem antrian di stasiun penimbangan untuk mengurangi waktu menunggu truk untuk ditimbang dari 1 server menjadi 2 server. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu menunggu menjadi nihil dan mengurangi journey time 1388 menit. Dengan berkurangnya journey time maka mutu sawit lebih baik dengan berkurangya asam lemak bebas (ALB) dan susut berat janjangan rata-rata TBS dan kenaikan kuantiti TBS olah sebesar 2.93% yaitu 1.009.145 Kg/bulan. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Agent Based Simulation | en_US |
dc.subject | Agricultural Sector | en_US |
dc.subject | Raw material collection | en_US |
dc.subject | Anylogic | en_US |
dc.title | Pemodelan Sistem Pengumpulan dan Transportasi Tbs dengan Simulasi Berbasis Agen dalam Rangka Mengoptimalkan Moda Transportasi pada Pt. Perkebunan Nusantara Iii (Persero) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM177025012 | |
dc.description.pages | 157 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |