Pengaruh Corporate Social Responsibility (Csr) terhadap Corporate Value dengan Profitabilitas sebagai Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks Sri Kehati yang Terdaftar di Bei 2009 - 2018)
View/ Open
Date
2021Author
Simanjuntak, Betharia
Advisor(s)
Sadalia, Isfenti
Muda, Iskandar
Metadata
Show full item recordAbstract
Indeks Sri Kehati merupakan indeks saham di Indonsia yang menggunakan CSR (corporate social responsibility) sebagai salah satu komponen penilaian utamanya, dan kinerja indeks Sri Kehati melebihi kinerja indeks LQ 45 dan IHSG, hal ini mencerminkan pengungkapan CSR menjadi salah satu hal yang penting untuk perusahaan yang go – public. CSR merupakan salah satu variabel penelitian yang sering dihubungkan dengan terciptanya nilai perusahaan yang baik, tetapi untuk megetahui apakah perusahaan tersebut menjadi pertimbangan investor terdapat variabel lain seperti tingkat profitabilitas perusahaan, hal ini menjadi sangat menarik untuk mengetahui hubungan ketiganya. Pengungkapan CSR menggunakan metode pengungkapan menggunakan GRI-G4 (Global Reporting Initiative), untuk pengungkapan corporate value menggunakan pendekatan Tobin’s Q. Penelitian dilakukan pada Perusahaan yang terdaftar pada indeks Sri Kehati dan terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2009 – 2018. Sampel sebanyak 10 (sepuluh) perusahaan dengan data sekunder berupa annual report yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia atau situs perusahaan tersebut. Penelitian menggunakan teknik analisis Metode Regresi Data Panel untuk menguji hipotesis dalam penelitian dengan bantuan aplikasi eviews. Hasil penelitian diketahui bahwa pengungkapan nilai CSR berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan tetapi positif tidak signifikan terhadap profitabilitas perusahaan (dalam hal ini ROA). ROA berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, dan sebagai variabel intervening ROA memperkuat hubungan pengungkapan nilai CSR terhadap nilai perusahaan.