Warung Kopi Dan Jaringan Sosial di Kalangan Mahasiswa (Studi Deskriptif di Kelurahan Padang Bulan Kecamatan Medan Baru)
View/ Open
Date
2021Author
Simorangkir, Martin
Advisor(s)
Sitorus, Henry
Metadata
Show full item recordAbstract
A coffee shop is a place where simple coffee drinks or the like are provided for
consumption by the public as their customers. One of the media that forms a
social network can be found in various public spaces, one of which is a coffee
shop. Where the coffee shop is a place frequented by people of various
backgrounds, socio-culture to gather and discuss, one of which is students. Coffee
shops were chosen as research objects because they tend not to have strong and
dynamic rules compared to public spaces such as restaurants and cafes. Social
networks are relationships that are created between many individuals in a group or
between one group and another. The purpose of this research is to find out how
coffee shops become social media networks among students and how social
networks are formed in coffee shops. The type of research used is qualitative with
a descriptive approach. Data collection techniques in this study were obtained
through observation and interviews. The results of the research obtained are that
coffee shops become a medium for activities, discussions, expanding
relationships, and media to finalize ideas and ideas for students. And also the
student social networks that are formed in coffee shops, including the formation
of groups / organizations, conflict resolution, trust, business cooperation,
embracing and helping each other. Social networks are inseparable from elements
of beliefs, values and norms that bind actors in forming social relationships that
are continuous. Warung kopi adalah tempat disediakannya minuman kopi atau sejenisnya yang
sifatnya sederhana untuk dikonsumsi masyarakat sebagai pelanggannya. Salah
satu media yang membentuk jaringan sosial dapat ditemukan di berbagai ruang
publik, salah satunya warung kopi. Dimana warung kopi menjadi tempat yang
sering dikunjungi oleh masyarakat berbagai latar belakang, sosial budaya untuk
berkumpul dan berdiskusi, salah satunya adalah mahasiswa. Warung kopi dipilih
sebagai objek penelitian dikarenakan cenderung tidak memliki aturan-aturan yang
kuat dan bersifat dinamis dibandingkan ruang publik seperti rumah makan dan
kafe. Jaringan sosial merupakan hubungan-hubungan yang tercipta antar banyak
individu dalam suatu kelompok ataupun antar suatu kelompok dengan kelompok
lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana warung
kopi menjadi media jaringan sosial di kalangan mahasiswa dan bagaimana
jaringan sosial yang terbentuk di warung kopi. Jenis penelitian yang digunakan
adalah kualitatif dengan pendekataan deskriptif. Teknik pengumpulan data pada
penelitian ini diperoleh melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian yang
diperoleh adalah warung kopi menjadi media beraktivitas, diskusi, memperluas
relasi, dan media untuk mematangkan ide dan gagasan bagi mahasiswa. Dan juga
jaringan sosial mahasiswa yang terbentuk di warung kopi diantaranya
terbentuknya kelompok/organisasi, penyelesaian konflik, kepercayaan, kerjasama
bisnis, merangkul dan saling membantu. Jaringan sosial tidak terlepas dari elemen
kepercayan, nilai dan norma yang mengikat para aktor dalam membentuk
hubungan-hubungan sosial yang terjalin secara terus-menerus.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
