dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana jaringan pemasaran
ikan pada nelayan tradisional yang ada di Desa Paluh Sibaji Kec. Pantai Labu
Kab. Deli Serdang. Kemudian untuk mengetahui keterlibatan para aktor dalam
sistem pemasaran ikan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan
teknik observasi serta wawancara terhadap beberapa informan, yaitu informan
yang khususnya nelayan, toke, para pedagang di TPI Pantai Labu dan pegawai
kantor desa dan juga analisis data untuk mendapatkan hasil penelitian yang
diinginkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi nelayan yang memperoleh
permodalan melaut melalui toke, maka pemasaran dikuasai toke serta penentuan
harga dan pemasaran semuanya dikendalikan oleh toke. Bentuk pola jaringan
yang terbangun di TPI yaitu pola jaringan mikro, meso dan makro,dimana
bermakna sebagai pola jaringan yang terbentuk karena adanya ikatan keluarga.
Selain itu, proses pembentukan harga ikan di TPI Pantai Labu yang dipengaruhi
oleh jumlah ikan dan pengetahuan serta informasi konsumen terhadap harga ikan. | en_US |