Komunikasi Instruksional Guru Privat dalam Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini di Al Qur’an Learning Islamic and Foundation Iqra Medan
View/ Open
Date
2021Author
Zubaidah, Siti
Advisor(s)
Humaizi
Kholil, Syukur
Metadata
Show full item recordAbstract
The objective of the research was to analyze the process of instructional communication
of private teachers in teaching the Koran to minors in the Alqur’an Learning Islamic and
Foundation, Medan, the instructional communication strategy and its inhibiting factors.
The research used descriptive qualitative method. The research subjects were 6 (six)
teachers, 1 (one )Alif Iqra management, 2 (two) students’parents. The data were gathered
by conducting in-depth interviews and documentary study. The result of the research
showed that the teachers had applied the process of intructional communication well with
either offline or online systems such as the specification of content and purpose,
interpreting initial behavior, promulgating instructional strategy, organizing intructional
units, and feedback. Meanwhile, the teachers did intructional strategy by using fun
learning strategy such as the methods of playing, singing, telling stories, and
demosctrating. Some obstcles were the children’s chaning mood and environment. The
teachers made attemps to avoid the obstacles by instilling their students’ learning interest
with enjoyable activitives. However, unfavorable environment can influence the students’
success in learning: therefore, the parents should contribute to the creation of good
environtment so that favorable learning condution can be achived. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi intruksional guru
privat dalam pembelajaran Alqur‟an pada anak usia dini di Alqur‟an Learning
Islamic and Foundation Iqra Medan, menganalisis strategi komunikasi
intruksional dan faktor penghambat komunikasi intruksional guru privat Alqur‟an
pada anak usia dini di Alif Iqra Medan. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 6
(enam) pengajar, 1 ( Satu ) manajemen Alif Iqra dan 2 ( dua ) wali murid Alif Iqra
Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi
dokumen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Guru Alif Iqra Medan telah
menerapkan proses komunikasi intruksional baik dengan offline system dan online
system seperti spesifikasi isi dan tujuan, penaksiran prilaku mula, penetapan
strategi intruksional, organisasi satuan-satuan intruksional dan umpan balik.
Sedangkan strategi intruksional yang dilakukan guru Alif Iqra Medan ialah
menggunakan strategi fun learning yaitu dengan metode bermain, bernyanyi,
berdongeng dan demonstrasi. Hambatan yang ditemui guru adalah faktor mood
anak yang berubah-ubah dan lingkungan. Upaya yang dilakukan guru Alif Iqra
Medan agar hambatan ini tidak terjadi ialah menanamkan minat belajar anak
dengan kegiatan yang menyenangkan. Sedangkan lingkungan yang kurang
mendukung dapat mempengaruhi faktor keberhasilan belajar sehingga orang tua
murid dapat berkontribusi menciptakan lingkungan yang baik agar pembelajaran
tercapai sesuai harapan.
Collections
- Master Theses [358]