Show simple item record

dc.contributor.advisorHumaizi
dc.contributor.advisorKholil, Syukur
dc.contributor.authorZubaidah, Siti
dc.date.accessioned2021-05-10T06:27:57Z
dc.date.available2021-05-10T06:27:57Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/32571
dc.description.abstractThe objective of the research was to analyze the process of instructional communication of private teachers in teaching the Koran to minors in the Alqur’an Learning Islamic and Foundation, Medan, the instructional communication strategy and its inhibiting factors. The research used descriptive qualitative method. The research subjects were 6 (six) teachers, 1 (one )Alif Iqra management, 2 (two) students’parents. The data were gathered by conducting in-depth interviews and documentary study. The result of the research showed that the teachers had applied the process of intructional communication well with either offline or online systems such as the specification of content and purpose, interpreting initial behavior, promulgating instructional strategy, organizing intructional units, and feedback. Meanwhile, the teachers did intructional strategy by using fun learning strategy such as the methods of playing, singing, telling stories, and demosctrating. Some obstcles were the children’s chaning mood and environment. The teachers made attemps to avoid the obstacles by instilling their students’ learning interest with enjoyable activitives. However, unfavorable environment can influence the students’ success in learning: therefore, the parents should contribute to the creation of good environtment so that favorable learning condution can be achived.en_US
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses komunikasi intruksional guru privat dalam pembelajaran Alqur‟an pada anak usia dini di Alqur‟an Learning Islamic and Foundation Iqra Medan, menganalisis strategi komunikasi intruksional dan faktor penghambat komunikasi intruksional guru privat Alqur‟an pada anak usia dini di Alif Iqra Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 6 (enam) pengajar, 1 ( Satu ) manajemen Alif Iqra dan 2 ( dua ) wali murid Alif Iqra Medan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam dan studi dokumen. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Guru Alif Iqra Medan telah menerapkan proses komunikasi intruksional baik dengan offline system dan online system seperti spesifikasi isi dan tujuan, penaksiran prilaku mula, penetapan strategi intruksional, organisasi satuan-satuan intruksional dan umpan balik. Sedangkan strategi intruksional yang dilakukan guru Alif Iqra Medan ialah menggunakan strategi fun learning yaitu dengan metode bermain, bernyanyi, berdongeng dan demonstrasi. Hambatan yang ditemui guru adalah faktor mood anak yang berubah-ubah dan lingkungan. Upaya yang dilakukan guru Alif Iqra Medan agar hambatan ini tidak terjadi ialah menanamkan minat belajar anak dengan kegiatan yang menyenangkan. Sedangkan lingkungan yang kurang mendukung dapat mempengaruhi faktor keberhasilan belajar sehingga orang tua murid dapat berkontribusi menciptakan lingkungan yang baik agar pembelajaran tercapai sesuai harapan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKomunikasi Intruksionalen_US
dc.subjectProses Pembelajaranen_US
dc.subjectPembelajaran Privaten_US
dc.subjectPembelajaran Alquranen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.titleKomunikasi Instruksional Guru Privat dalam Pembelajaran Alquran pada Anak Usia Dini di Al Qur’an Learning Islamic and Foundation Iqra Medanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM187045016
dc.description.pages251 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record