Perilaku Sosial Pelajar/Mahasiswa yang Menjadi Pecandu Game Online di Warung Internet (Studi Kasus Brothers Net Jalan Setiabudi, Komplek Setiabudi Point Blok 6b Setiabudi, Medan)
View/ Open
Date
2021Author
Maulana, Irsyad
Advisor(s)
Saladin, T. Ilham
Metadata
Show full item recordAbstract
Game Online merupakan dunia baru yang marak bagi anak-anak remaja dari dulu hingga
sekarang. Game Online merupakan sebuah kecanggihan dari teknologi jaman sekarang yang
mampu membuat masyarakat terutama mahasiswa atau pelajar sekalipun ketagihan untuk
memainkannya. Memainkan Game Online sendiri harus melalui warung internet atau disebut juga
dengan Warnet.
Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti dan mengidentifikasi bagaimana perilaku sosial
mahasiswa yang kecanduan bermain Game Online di warnet, serta menggali lebih dalam mengapa
mahasiswa yang sudah kecanduan bermain Game Online masih saja betah bermain lama-lama di
warnet hingga sampai mengubah sifat dan perilaku seseorang yang cenderung lebih malas
melakukan kegiatan yang lain dan hanya memikirkan tentang bermain Game Online pada
kesehari-hariannya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya di lakukan
dengan wawancara sehingga mampu menggali lebih dalam sang informan dalam memberikan
jawaban tersebut. Sebagai objek dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang menjadi langganan
dalam bermain Game Online di Brothers Net Jalan Setiabudi, Medan. Hasil yang diperoleh dari
penelitian ini menyatakan bahwa beragam cara yang membuat mahasiswa menjadi kecanduan
Game Online mulai dari ajakan teman sebaya, jenis game yang bervariatif, gaming bersama
bersama teman-teman hingga faktor jauh dari pengawasan sehingga menyebabkan kemalasan bagi
mahasiswa tersebut yang berdampak pada dampak bermacam-macam seperti dampak kepada
kesehatan diri sendiri, dampak akademis mahasiswa tersebut dan dampak bagi masyarakat sekitar.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
