Analisa Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Kontinuitas Air Bersih di Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulan
View/ Open
Date
2021Author
Ridha, Muhammad Abdi
Advisor(s)
Marisa, Amy
Marpaung, Beny O Y
Metadata
Show full item recordAbstract
The Regional Water Company of Tirtanadi in Padang Bulan Branch seeks to
provide services to meet clean water needs, but in its journey often gets complaints
from the public or customers. Community complaints in obtaining clean water are
still an obstacle in PDAM Tirtanadi, especially in the Padang Bulan Branch service
area. The increase in population growth in the service area of PDAM Tirtanadi
Padang Bulan Branch is not comparable with the supply of clean water that is
channeled to the community. The system of continuity of clean water network to the
community has many problems, especially in existing pipes which are old pipes and
often experience leaks, so the water quality is not good.
This research was conducted with quantitative analysis methods by processing
primary data obtained from the research sample. The data obtained will be analyzed
using the SPSS program, so that the level of customer satisfaction in the Tirtanadi
service area in Padang Bulan Branch will be answered. While for the continuity of
the clean water network, it will be analyzed by calculating the number of population
growth with clean water needs. This also relates to the analysis of the pipeline
network to make the distribution of clean water to the community better.
The results of the study are very useful in improving clean water services and
customer satisfaction levels provided by PDAM Tirtanadi Padang Bulan Branch. This
research also provides a more tangible information or picture for improving clean
water services to the community. Perusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi di Cabang Padang Bulan berupaya
memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, tetapi dalam
perjalanannya sering mendapat keluhan dari masyarakat atau pelanggan. Keluhan
masyarakat dalam memperoleh air bersih masih menjadi kendala di PDAM Tirtanadi,
terutama di wilayah layanan Cabang Padang Bulan. Meningkatnya pertumbuhan
jumlah penduduk di wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan tidak
sebanding dengan suplai air bersih yang dialirkan ke masyarakat. Sistem kontinuitas
jaringan air bersih ke masyarakat banyak mengalami kendala terutama pada pipa
eksisting yang merupakan pipa lama dan sering mengalami kebocoran, sehingga
kualitas air menjadi tidak baik.
Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kuantitatif dengan mengolah
data primer yang diperoleh dari sampel penelitian. Data–data yang diperoleh di
analisa menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS,
sehingga tingkat kepuasan pelanggan di wilayah pelayanan Tirtanadi Cabang Padang
Bulan akan terjawab. Sementara untuk kontinuitas jaringan air bersih akan dianalisa
dengan perhitungan jumlah pertumbuhan penduduk dengan kebutuhan air bersih. Hal
ini juga berhubungan dengan analisa jaringan perpipaan agar pemerataan debit air
bersih ke masyarakat menjadi lebih baik.
Berdasarkan hasil analisa, masyarakat masih merasa kurang puas dengan
pelayanan yang diberikan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan terutama
mengenai permasalahan kontinuitas jaringan air bersih. Hasil penelitian ini sangat
bermanfaat dalam usaha peningkatan pelayanan air bersih dan tingkat kepuasan
pelanggan yang diberikan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan. Penelitian ini
juga memberikan informasi atau gambaran yang lebih nyata mengenai pelayanan air
bersih kepada masyarakat yang dilakukan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Padang
Bulan.
Collections
- Master Theses [252]