Show simple item record

dc.contributor.advisorMarisa, Amy
dc.contributor.advisorMarpaung, Beny O Y
dc.contributor.authorRidha, Muhammad Abdi
dc.date.accessioned2021-05-20T02:34:46Z
dc.date.available2021-05-20T02:34:46Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/32697
dc.description.abstractThe Regional Water Company of Tirtanadi in Padang Bulan Branch seeks to provide services to meet clean water needs, but in its journey often gets complaints from the public or customers. Community complaints in obtaining clean water are still an obstacle in PDAM Tirtanadi, especially in the Padang Bulan Branch service area. The increase in population growth in the service area of PDAM Tirtanadi Padang Bulan Branch is not comparable with the supply of clean water that is channeled to the community. The system of continuity of clean water network to the community has many problems, especially in existing pipes which are old pipes and often experience leaks, so the water quality is not good. This research was conducted with quantitative analysis methods by processing primary data obtained from the research sample. The data obtained will be analyzed using the SPSS program, so that the level of customer satisfaction in the Tirtanadi service area in Padang Bulan Branch will be answered. While for the continuity of the clean water network, it will be analyzed by calculating the number of population growth with clean water needs. This also relates to the analysis of the pipeline network to make the distribution of clean water to the community better. The results of the study are very useful in improving clean water services and customer satisfaction levels provided by PDAM Tirtanadi Padang Bulan Branch. This research also provides a more tangible information or picture for improving clean water services to the community.en_US
dc.description.abstractPerusahaan Daerah Air Minum Tirtanadi di Cabang Padang Bulan berupaya memberikan layanan untuk memenuhi kebutuhan air bersih, tetapi dalam perjalanannya sering mendapat keluhan dari masyarakat atau pelanggan. Keluhan masyarakat dalam memperoleh air bersih masih menjadi kendala di PDAM Tirtanadi, terutama di wilayah layanan Cabang Padang Bulan. Meningkatnya pertumbuhan jumlah penduduk di wilayah pelayanan PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan tidak sebanding dengan suplai air bersih yang dialirkan ke masyarakat. Sistem kontinuitas jaringan air bersih ke masyarakat banyak mengalami kendala terutama pada pipa eksisting yang merupakan pipa lama dan sering mengalami kebocoran, sehingga kualitas air menjadi tidak baik. Penelitian ini dilakukan dengan metode analisis kuantitatif dengan mengolah data primer yang diperoleh dari sampel penelitian. Data–data yang diperoleh di analisa menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS, sehingga tingkat kepuasan pelanggan di wilayah pelayanan Tirtanadi Cabang Padang Bulan akan terjawab. Sementara untuk kontinuitas jaringan air bersih akan dianalisa dengan perhitungan jumlah pertumbuhan penduduk dengan kebutuhan air bersih. Hal ini juga berhubungan dengan analisa jaringan perpipaan agar pemerataan debit air bersih ke masyarakat menjadi lebih baik. Berdasarkan hasil analisa, masyarakat masih merasa kurang puas dengan pelayanan yang diberikan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan terutama mengenai permasalahan kontinuitas jaringan air bersih. Hasil penelitian ini sangat bermanfaat dalam usaha peningkatan pelayanan air bersih dan tingkat kepuasan pelanggan yang diberikan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan. Penelitian ini juga memberikan informasi atau gambaran yang lebih nyata mengenai pelayanan air bersih kepada masyarakat yang dilakukan oleh PDAM Tirtanadi Cabang Padang Bulan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectTingkat Kepuasan Pelangganen_US
dc.subjectPelayanan Air Bersihen_US
dc.subjectKontinuitas Jaringan Air Bersihen_US
dc.titleAnalisa Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Kontinuitas Air Bersih di Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulanen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM167020015
dc.description.pages100 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record