Pengaruh Job Crafting terhadap Keterikatan Kerja dengan Persepsi Dukungan Organisasi sebagai Variabel Moderator di Bank Sumut Kantor Pusat
View/ Open
Date
2021Author
Putri, Devi Rosyana
Advisor(s)
Zulkarnain
Adnans, Abdhy Aulia
Metadata
Show full item recordAbstract
Keterikatan kerja merupakan salah satu topik yang populer dari psikologi positif baik dalam dunia akademik maupun bisnis. Penelitian sebelumnya telah menemukan faktor-faktor antesenden dari keterikatan kerja pada karyawan, salah satunya ialah persepsi dukungan organisasi dan job crafting. Pengaruh job crafting terhadap keterikatan dijelaskan berdasarkan Model Job Demand-Resource (JDR). Berdasarkan kajian literatur, job crafting dan persepsi dukungan organisasi berpengaruh yang positif terhadap keterikatan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menguji lebih lanjut bagaimana hubungan antara ketiga variabel tersebut. Persepsi dukungan organisasi diidentifikasikan sebagai variabel moderator pada penelitian ini, untuk melihat apakah persepsi dukungan organisasi dapat memberikan efek moderasi antara job crafting dengan keterikatan kerja. Sesuai dengan rancangan penelitian, penelitian ini melibatkan 247 karyawan perbankan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa job crafting berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterikatan kerja. Sedangkan persepsi dukungan organisasi tidak memberi efek moderasi antara job crafting dan keterikatan kerja. Sebagai hasil pengujian tambahan, variabel persepsi dukungan organisasi adalah variabel independen yang mempengaruhi keterikatan kerja. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti mengajukan dua implikasi. Implikasi pertama penelitian ini ditinjau berdasarkan hasil penelitian yang menunjukkan pengaruh job crafting terhadap keterikatan kerja maka secara praktis diharapkan bagi perusahaan untuk menyediakan sarana bagi karyawan untuk mengembangkan potensinya serta melakukan training job crafting guna menimbulkan dan mempertahankan perilaku proaktif di tempat kerja. Implikasi kedua berasal dari tidak berperannya persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderator. Peneliti selanjutnya diharapkan untuk melakukan penelitian pada area bisnis lainnya untuk menguji lebih lanjut tentang persepsi dukungan organisasi sebagai variabel moderator. Work engagement is one of the most popular topics of positive psychology in both academia and business. Previous research has found antecedent factors of work engagement, one of which is perceived organizational support and job crafting. Job Demand-Resource Model (JDR) is used to explain the effect of job crafting on work engagement. Based on the literature review, the variables positively effect work engagement. This study aims to test how the relationship between the three variables. Furthermore, to investigate whether perceived organizational support as moderator variable between job crafting and work engagement. In accordance with the research design, this research involved 247 banking employees. The results showed that job crafting positively and significant effected to work engagement. Meanwhile, perceived organizational support did not effect to relationship between job crafting and work engagement. Perceived organizational support has a role as independent variable that affecting work engagement. Based on the research results, it proposes two implications. The first, it shows the effect of job crafting on work engagement and it is expected for companies to provide facilities for employees to develop their potential and to conduct job crafting training to foster and maintain proactive behavior in the workplace. The second implication comes from the absence of perceived organizational support as a moderator variable. It is expected to research on other business areas to further test perceived organizational support as a moderator variable.