• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Studi Etnografi Relasi Kerja Sama dan Persaingan Antar Bengkel Motor di jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar

    View/Open
    Fulltext (2.225Mb)
    Date
    2021
    Author
    Fadillah, Alfiana
    Advisor(s)
    Agustrisno
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tulisan ini berjudul Studi Etnografi Relasi Kerjasama dan Persaingan Antar Bengkel Motor Di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana relasi kerjasama dan persaingan antar sepeda motor yang ada di jalan HOS Cokroaminoto kota Pematangsiantar. Kemudian, bentuk kerjasama yang mereka lakukan dengan saling membantu sesama bengkel yang kekurangan suku cadang. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan penulis dalam menyusun karya ilmiah, serta mengetahui strategi yang diterapkan setiap bengkel untuk menjadi ciri khas bengkel tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi serta wawancara terhadap beberapa informan, yaitu informan yang khususnya para pemilik bengkel dan karyawan bengkel di jalan HOS Cokroaminoto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun bengkel-bengkel yang ada di jalan HOS Cokroaminoto melakukan kerjasama tetapi persaingan itu tetap ada, apalagi menjalankan bisnis dibidang yang sama. Persaingan dari segi harga, kualitas suku cadang original atau tidak, dan pelayanan yang diberikan setiap bengkel kepada konsumennya jelas berbeda. Setiap bengkel yang ada di jalan HOS Cokroaminoto membuat keunggulan-keunggulannya untuk bersaing dengan bengkel-bengkel lainnya, agar mendapatkan konsumen ataupun meraih pangsa pasar yang lebih luas. Tujuan lainnya dibuat keunggulan juga untuk meningkatkan penjualan untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya untuk keberlangsungan kehidupan bengkel tersebut. Setiap pemilik bengkel memiliki caranya sendiri untuk menghadapi persaingan yang ada agar dapat tumbuh terus dari masa ke masa dengan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada agar setiap bengkel dapat menyesuaikan keinginan/ kebutuhan konsumen untuk sepeda motornya. Dalam hal ini setiap bengkel harus mempertahankan pelayanan yang dberikan kepada konsumen baik dari segi fasilitas maupun karyawan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun citra yang sebaik mungkin dimata para konsumen.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/32933
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV