Show simple item record

dc.contributor.advisorAgustrisno
dc.contributor.authorFadillah, Alfiana
dc.date.accessioned2021-06-07T04:04:00Z
dc.date.available2021-06-07T04:04:00Z
dc.date.issued2021
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/32933
dc.description.abstractTulisan ini berjudul Studi Etnografi Relasi Kerjasama dan Persaingan Antar Bengkel Motor Di Jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantar yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana relasi kerjasama dan persaingan antar sepeda motor yang ada di jalan HOS Cokroaminoto kota Pematangsiantar. Kemudian, bentuk kerjasama yang mereka lakukan dengan saling membantu sesama bengkel yang kekurangan suku cadang. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan penulis dalam menyusun karya ilmiah, serta mengetahui strategi yang diterapkan setiap bengkel untuk menjadi ciri khas bengkel tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi serta wawancara terhadap beberapa informan, yaitu informan yang khususnya para pemilik bengkel dan karyawan bengkel di jalan HOS Cokroaminoto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun bengkel-bengkel yang ada di jalan HOS Cokroaminoto melakukan kerjasama tetapi persaingan itu tetap ada, apalagi menjalankan bisnis dibidang yang sama. Persaingan dari segi harga, kualitas suku cadang original atau tidak, dan pelayanan yang diberikan setiap bengkel kepada konsumennya jelas berbeda. Setiap bengkel yang ada di jalan HOS Cokroaminoto membuat keunggulan-keunggulannya untuk bersaing dengan bengkel-bengkel lainnya, agar mendapatkan konsumen ataupun meraih pangsa pasar yang lebih luas. Tujuan lainnya dibuat keunggulan juga untuk meningkatkan penjualan untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya untuk keberlangsungan kehidupan bengkel tersebut. Setiap pemilik bengkel memiliki caranya sendiri untuk menghadapi persaingan yang ada agar dapat tumbuh terus dari masa ke masa dengan melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada agar setiap bengkel dapat menyesuaikan keinginan/ kebutuhan konsumen untuk sepeda motornya. Dalam hal ini setiap bengkel harus mempertahankan pelayanan yang dberikan kepada konsumen baik dari segi fasilitas maupun karyawan agar dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan membangun citra yang sebaik mungkin dimata para konsumen.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectKerjasamaen_US
dc.subjectPersainganen_US
dc.subjectBengkelen_US
dc.titleStudi Etnografi Relasi Kerja Sama dan Persaingan Antar Bengkel Motor di jalan HOS Cokroaminoto, Kelurahan Baru, Kecamatan Siantar Utara, Kota Pematangsiantaren_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM160905014
dc.description.pages112 Halamanen_US
dc.description.typeSkripsi Sarjanaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record