Fenomena Online Shopping (Studi Gaya Hidup Konsumen Online Shopping pada Mahasiswa di Kota Medan)
View/ Open
Date
2019Author
Ansyaf, Lailan Khairina
Advisor(s)
Manurung, Ria
Metadata
Show full item recordAbstract
Fenomena menarik yang sedang terjadi di dalam masyarakat saat ini
adalah belanja online. Fenomena belanja online ini juga dapat ditemukan di
kalangan mahasiswa. Umumnya, mahasiswa melakukan belanja online bukan
didasarkan pada kebutuhan semata, melainkan demi kesenangan dan gaya hidup
sehingga menyebabkan seseorang menjadi boros atau yang lebih dikenal dengan
istilah perilaku konsumtif atau perilaku konsumerisme (Sari,2015). Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bagaimana gaya hidup mahasiswa di
Kota Medan dalam berbelanja secara online. Masalah yang diteliti adalah
bagaimana gaya hidup mahasiswa di Kota Medan dalam berbelanja secara online.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian yang merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan didukung dengan data
primer berupa wawancara. Jenis data yang digunakan adalah data primer
diperoleh dari hasil wawancara. Teknik analisis data dimulai dari pengumpulan
informasi melalui wawancara dan pada tahap akhir dengan menarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal yaitu kemudahan akses
internet, kemudahan untuk membeli yang dibutuhkan, kebutuhan, kepraktisan
bagi informan serta faktor eksternal meliputi testimony, promo, dan kelompok
referensi secara langsung mempengaruhi Gaya Hidup Konsumen Online Shopping
pada Mahasiswa khususnya Mahasiswa di Kota Medan. An interesting phenomenon that is happening in society today is online
shopping. The phenomenon of online shopping can also be found among college
students. Generally, college students do online shopping not based on mere needs,
but for the sake of pleasure and lifestyle that cause someone becomes wasteful or
better known as consumptive behavior or consumer behavior (Sari, 2015). The
purpose of this study is to reveal how the lifestyle of college students in the city of
Medan on shopping via online. The problem studied is how the lifestyle of the
college students in the city of Medan on shopping via online. The research
approach which is used is a type of research which is a descriptive study with a
qualitative approach and is supported by primary data in the form of interviews.
The type of data which is used is primary data obtained from interviews. The data
Analysis technique starts from gathering information through interviews and at
the final stage by drawing conclusions. From the results of the study showed that
internal factors namely ease of internet access, ease of buying needed, necessity,
practicality for informants as well as external factors including testimonials,
promos, and reference groups directly affect the Online Shopping Consumer
Lifestyle for College Students, especially College Students in Medan City.
Collections
- Undergraduate Theses [1027]
