• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Law
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Law
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Reformasi Birokrasi Pelayanan Publik dalam Mencapai Good Governance Menurut Undang-Undang Pelayanan Publik dan Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 (Studi di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemerintah Kota Pematangsiantar)

    View/Open
    Fulltext (2.743Mb)
    Date
    2021
    Author
    Abyasa, Teguh
    Advisor(s)
    Agusmidah
    Ningsih, Suria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 telah mengamanatkan pemerintah untuk memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada masyarakat, diatur dalam Undang Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi menyatakan pada periode 2020 hingga 2024 merupakan tahap akhir dari reformasi birokrasi di Indonesia. Seharusnya Indonesia sudah mencapai visinya dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia pada periode reformasi birokrasi kini. Rumusan masalah dalam skripsi ini ialah: Apakah Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 dan PermenPANRB Nomor 25 Tahun 2020 dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik, Apakah Reformasi birokrasi saat ini dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, menurut konsep Hukum Administrasi Negara, dan Bagaimana upaya Pemerintah Kota Pematangsiantar dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Metode penelitian yang dipergunakan dalam skripsi ini bersifat deskriptif analisis yang mengarah pada penelitian yuridis empiris. Penyelenggaraan pelayanan publik Pemerintah Kota Pematangsiantar dapat dikatakan cukup baik dengan predikat zona kuningnya, namun pelayanan belum cukup prima. Birokrasinya dapat dikatakan sedang menuju reformasi dengan tata kelola pemerintahan yang baik. Dengan kepatuhan yang lebih baik lagi terhadap Undang Undang Pelayanan Publik dan penataan birokrasi yang sesuai dengan Grand Design dan Road Map Reformasi Birokrasi, diharapkan Pemerintah Kota Pematangsiantar mampu meningkatkan kualitas pelayanan publiknya, mewujudkan cita-cita reformasi birokrasi dengan bertujuan pada good governance.
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/32992
    Collections
    • Undergraduate Theses [3089]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV