Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) dan Brand Image trhadap Repurchase Intention Melalui Brand Trust pada Maskapai Garuda Indonesia
View/ Open
Date
2021Author
Sari, Nasya Nirma
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
Repurchase intention adalah komitmen konsumen yang terbentuk setelah
konsumen melakukan pembelian suatu produk atau jasa. Banyak faktor yang
mempengaruhi repurchase intention diantaranya adalah E-Word of Mouth
(E_WOM), brand image serta brand trust. E-WOM merupakan alat yang efektif
untuk membangun kesadaran merek, menciptakan sensasi di pasar, memengaruhi
keputusan pembelian, dan mengembangkan loyalitas merek. Brand image adalah
deskripsi tentang asosiasi keyakinan konsumen terhadap merek tertentu. Brand
trust adalah keinginan pelanggan untuk bersandar pada sebuah merek dengan risik
apapun.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif
asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh E-WOM dan brand image
terhadap repurchase intention melalui brand trust. Populasi penelitian adalah
seluruh pelanggan maskapai Garuda Indonesia yang sudah pernah menggunakan
maskapai Garuda Indonesia dalam satu tahun terakhir khususnya pada Maskapai
Garuda Indonesia Medan yang berjumlah 36.000 selama tahun 2019. Penentuan
sampel menggunakan rumus sampel dengan kriteria tertentu sehingga diperoleh
100 sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa E-WOM memberi
pengaruh signifikan terhadap Brand Trust. Brand Image memberi pengaruh
signifikan terhadap Brand Trust. Brand Trust berpengaruh signifikan positif
terhadap variabel Repurchase Intention. E-WOM berpengaruh signifikan positif
terhadap variabel Repurchase Intention. Brand Image berpengaruh signifikan
terhadap variabel Repurchase Intention. E-WOM berpengaruh signifikan positif
terhadap variabel Repurchase Intention melalui Brand Trust. Brand Image
berpengaruh signifikan terhadap variabel Repurchase Intention melalui Brand
Trust. Hal ini diindikasikan oleh nilai p = 0.000 dan R-square = 0.719. Dengan
kata lain, Brand Trust terbukti memoderasi pengaruh Brand Trust terhadap
Repurchase Intention. Disarankan agar Maskapai Garuda Indonesia memberikan
kualitas layanan yang konsisten, cepat dan berkualitas sehingga mendapatkan
review positif dari pelanggan dimana hal tersebut akan meningkatkan Repurchase
Intention konsumen terhadap tiket pesawat Garuda Indonesia.