Pengaruh E–Trust dan Marketing Public Relation terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja pada Pasar E–Commerce (Studi pada Pelanggan Lotte Mart Grosir Medan)
View/ Open
Date
2021Author
Cahyanti, Ica
Advisor(s)
Fauzi, Amrin
Rini, Endang Sulistya
Metadata
Show full item recordAbstract
Keputusan berbelanja adalah tahap dimana pembeli telah menentukan pilihannya dan melakukan pembelian produk, serta mengkonsumsinya. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan berbelanja online, diantarnya adalah e-trust dan marketing public relation. Kepercayaan konsumen (e-trust) adalah salah satu faktor dalam e- commerce yang mempunyai peran penting dalam menjaga hubungan bisnis terutama bisnis e-commerce yang menuntut konsumennya untuk membayar sebelum menerima pesanan, Faktor lain yang turut mempengaruhi keputusan berbelanja online adalah marketing public relation.
Penelitian ini adalah merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel E- trust, publicity, sponsorship dan special event terhadap keputusan konsumen berbelanja pada pasar E- commerce Lotte Mart Grosir Medan. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Lotte Mart Grosir Medan yang telah menggunakan aplikasi belanja online Lotte Mart Grosir selama tahun 2019 berjumlah 2174. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling yakni menentukan jumlah sampel pada saat melakukan penelitian sehingga diperoleh hasil 96 sampel penelitian. Dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa faktor E-trust, publicity, sponsorship dan special event berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. E-trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. Publicity secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. Sponsorship secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. Special event secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja. Kepada perusahaan disarankan agar langkah langkah aplikasi website lebih disederhanakan sehingga setiap nasabah ataupun calon nasabah dapat dengan mudah membuka aplikasi website perusahaan baik untuk mengenal produk maupun untuk melakukan transaksi