• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • School of Postgraduate
    • Master Theses (Master of Management)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh E–Trust dan Marketing Public Relation terhadap Keputusan Konsumen untuk Berbelanja pada Pasar E–Commerce (Studi pada Pelanggan Lotte Mart Grosir Medan)

    View/Open
    Fulltext (3.981Mb)
    Date
    2021
    Author
    Cahyanti, Ica
    Advisor(s)
    Fauzi, Amrin
    Rini, Endang Sulistya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keputusan berbelanja adalah tahap dimana pembeli telah menentukan pilihannya dan melakukan pembelian produk, serta mengkonsumsinya. Banyak faktor yang mempengaruhi keputusan berbelanja online, diantarnya adalah e-trust dan marketing public relation. Kepercayaan konsumen (e-trust) adalah salah satu faktor dalam e- commerce yang mempunyai peran penting dalam menjaga hubungan bisnis terutama bisnis e-commerce yang menuntut konsumennya untuk membayar sebelum menerima pesanan, Faktor lain yang turut mempengaruhi keputusan berbelanja online adalah marketing public relation. Penelitian ini adalah merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel E- trust, publicity, sponsorship dan special event terhadap keputusan konsumen berbelanja pada pasar E- commerce Lotte Mart Grosir Medan. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen Lotte Mart Grosir Medan yang telah menggunakan aplikasi belanja online Lotte Mart Grosir selama tahun 2019 berjumlah 2174. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling yakni menentukan jumlah sampel pada saat melakukan penelitian sehingga diperoleh hasil 96 sampel penelitian. Dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa faktor E-trust, publicity, sponsorship dan special event berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. E-trust secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. Publicity secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. Sponsorship secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berbelanja. Special event secara parsial memberi pengaruh signifikan terhadap keputusan berbelanja. Kepada perusahaan disarankan agar langkah langkah aplikasi website lebih disederhanakan sehingga setiap nasabah ataupun calon nasabah dapat dengan mudah membuka aplikasi website perusahaan baik untuk mengenal produk maupun untuk melakukan transaksi
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33093
    Collections
    • Master Theses (Master of Management) [582]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV