• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Social Sciences and Political Science
    • Department of Social Anthropology
    • Undergraduate Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Menolak Sekolah (Studi Kasus Pada Anak Usia Sekolah Dasar di Lingkungan V, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Medan)

    View/Open
    fulltext (2.733Mb)
    Date
    2018
    Author
    Anjelika, Nia
    Advisor(s)
    Tambunan, Rytha
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kearney mendefinisikan menolak sekolah sebagai penolakan terhadap sekolah apapun alasanya. Menurutnya, anak usia sekolah dapat disebut mengalami penolakan sekolah jika: (1) ia sama sekali meninggalkan sekolah (absen terus menerus) (2) ia masuk sekolah tetapi kemudian meninggalkan sekolah sebelum jam sekolah usai (3) ia mengalami perilaku bermasalah yang berat setiap pagi menjelang pergi ke sekolah, misalnya mengamuk (4) ia pergi ke sekolah dengan kecemasan yang luar biasa dan di sekolah berulang kali mengalami masalah. Penelitian ini dilakukan di lingkungan V, Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Selayang, Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dua anak sekolah dasar yang menolak sekolah atau mengalami school refusal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Penelitian ini juga menggunakan data kepustakaan guna melengkapi informasi yang berkaitan dengan penelitian. Data-data kepustakaan berupa sumber-sumber tertulis seperti buku-buku, artikel, jurnal, dan sumber elektronik seperti internet. Dalam penelitian ini hanya terdapat dua informan dan hasil penelitian menunjukkan perilaku menolak sekolah yang dilakukan kedua informan didasari oleh pengalaman negatif di sekolah. Kedua anak menolak sekolah karena mendapat ejekan teman-temannya, merasa malu dan takut gagal, mendapat nilai buruk serta mata pelajaran yang tidak disukai, disleksia, pasif, dan masalah orangtua yang bersikap keras dan pemarah. Hal-hal lain yang menjadi pemicu menolak sekolah adalah kepribadian kedua anak yang kurang percaya diri dan pemalu membuat mereka tidak mampu menyesuaikan diri dan bersosialisasi dengan baik di lingkungan sekolah maupun di lingkungan rumah. Oleh karena itu, kedua informan sulit untuk menyelesaikan masalahnya sendiri. Menolak sekolah yang dilakukan anak tersebut termasuk dalam tingkat kategori chronic school refusal behavior, yaitu menolak sekolah yang berlangsung lebih dari satu tahun. Menolak sekolah yang dilakukan kedua anak tersebut berdampak terhadap kegagalan akademik yang menyebabkan penurunan nilai dan prestasi hingga akhirnya harus dikeluarkan dari sekolah (dropout).
    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/3316
    Collections
    • Undergraduate Theses [939]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV