Show simple item record

dc.contributor.advisorAfifuddin, Sya’ad
dc.contributor.advisorPratomo, Wahyu Ario
dc.contributor.authorPratiwi, Elysa
dc.date.accessioned2021-06-28T04:39:54Z
dc.date.available2021-06-28T04:39:54Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33492
dc.description.abstractEuropean Union (UE) is one of strategic alternative markets for Indonesia products especially for forest products and Crude Palm Oil (CPO). Indonesia Products will be able to enter/compete in Europe market in condition that products can meet the standard. European Union is one of strategic alternative markers compared with other existing markets. Thus, the market can be expanded to other countries widely. Based on data of Oil World Annual & MBOP, the export of Indonesia on CPO (Crude Palm Oil) to some destination countries from 2002 until 2009 indicates that Indonesia's main exporting markets are namely European Union, India and China. In 2002 and 2007 the European Union is the second largest market for Indonesia, but starting from 2008, the EU (European Union) market has become a major market of Indonesia though Europe Union applies restricted policies on CPO (Crude Palm Oil) importing. The general objectives if this thesis is to analyze factors that influence CPO exports of Indonesia for European Union (UE). In addition, special objective is to analyze the variables such as exchange rate of rupiah, production of domestic CPO and World CPO prices that influence export price of CPO. Moreover, the export price of CPO, per capita income of European Union (EU), and both edible oil of European Union (EU) and Crude Palm Oil prices that influence CPO exports of Indonesia to European Union (EU). The used data is secondary data which is obtained form Oil World Annual & MPOB, Statistical Centre, Bank of Indonesia (BI), World Bank, EBB of European Union (EU) and supporting data sources in 2000 until 2009. This research applies similarity structure known as Path Analysis which is equipped by AMOS Application or Analysis of Moment Structure. The result of this research indicates that exchange rate impacts possitively but not significantlly, domestic production of CPO impacts negativelly and insignificantly and world CPO prices impact possitvelly and significantlly towards export price of CPO. The export price of CPO impacts positively but insignificantly, exchange rate impacts positively and significantly, domestic production of CPO impacts positively and significantly, world price of CPO impacts negatively and insignificantly, per capita income impacts negatively and significantly, production of edible oil impacts positively and significantly, and World Crude Oil prices impacts negatively and significantly towards CPO exports of Indonesia.en_US
dc.description.abstractUni Eropa merupakan salah satu pasar alternatif yang strategis bagi produk Indonesia terutama dari hasil hutan dan Crude Palm Oil (CPO). Produk Indonesia akan bisa merambah pasar Eropa asalkan memiliki standar produk. Uni Eropa salah satu pasar alternatif yang strategis dibandingkan dengan pasar-pasar yang lain. Dengan demikian akses pasar akan lebih luas ke negara lain. Berdasarkan data Oil World Annual & MBOP, ekspor CPO Indonesia ke beberapa Negara tujuan tahun 2002 sampai dengan 2009 menunjukkan bahwa pasar ekspor utama Indonesia adalah Uni Eropa, India dan China. Pada tahun 2002 sampai dengan 2007 Uni Eropa adalah pasar terbesar kedua bagi Indonesia, namun mulai pada tahun 2008 pasar Uni Eropa sudah menjadi pasar utama bagi Indonesia, hal ini menunjukkan bahwa masih cerahnya pasar Uni Eropa bagi Indonesia, walaupun Uni Eropa menerapkan beberapa kebijakan mengenai impor CPO. Tujuan umum penelitian adalah untuk mengnalisis faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor CPO Indonesia ke Uni Eropa. Kemudian tujuan khususnya yaitu untuk menganalisis variabel-variabel seperti nilai tukar rupiah, produksi CPO domestic dan harga CPO dunia mempengaruhi harga ekspor CPO. Kemudian harga ekspor CPO, pendapatan perkapita Uni Eropa, produksi minyak makan Uni Eropa dan harga minyak mentah dunia mempengaruhi ekspor CPO Indonesia ke Uni Eropa. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersumber dari Oil World Annual & MPOB, Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia (BI), World Bank, EBB Uni Eropa dan dari berbagai sumber lainnya yang mendukung tahun 2000 s/d 2009. Penelitian ini menggunakan persamaan struktural yaitu Path Analyis yang dibantu dengan program aplikasi AMOS atau Analysis of Moment Structure. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tukar mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan, produksi CPO domestik mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan dan harga CPO dunia mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap harga ekspor CPO. Harga ekspor CPO mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan, nilai tukar mempunyai pengaruh positif dan signifikan, produksi CPO domestik mempunyai pengaruh positif dan signifikan, harga CPO dunia mempunyai pengaruh negatif dan tidak signifikan, pendapatan perkapita mempunyai pengaruh negatif dan signifikan, produksi minyak makan mempunyai pengaruh positif dan signifikan, dan harga minyak mentah dunia mempunyai pengaruh negatif dan signifikan terhadap ekspor CPO Indonesia.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectNilai tukar rupiahen_US
dc.subjectproduksi CPO domestiken_US
dc.subjectharga CPO duniaen_US
dc.subjectharga ekspor CPOen_US
dc.subjectpendapatan perkapitaen_US
dc.subjectproduksi minyak makan dan harga minyak mentah duniaen_US
dc.titleAnalisis Determinan Ekspor Crude Palm Oil (CPO) Indonesia Ke Uni Eropaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM097018011
dc.description.pages139 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record