• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Development Economics
    • Master Theses
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Economics and Business
    • Department of Development Economics
    • Master Theses
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Persepsi Masyarakat Umum terhadap Bank Syariah di Medan

    View/Open
    Fulltext (550.1Kb)
    Date
    2007
    Author
    Ariani, Dian
    Advisor(s)
    Daulay, Murni
    Mahalli, Kasyful
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    In network or in business volume than conventional bank. This indicated by a few number of Syariah Banking in Medan. This study only conducted to the Muslim concerning to their perception to Syariah Banking in Medan becase the development and growth of Syariah Banking in Medan has not yet get attention of the customer, specially the Muslim people. The objective of this research is to observe the influence of education, age and service to the society perception to Syariah Banking in Medan. The subject in this research is a socity that consists of College Students, Civil Servant, Private employee and housewife. The data use in this research is a primary data collected from the respondent by direct interview and quesionaire. Sample are 25 person and total sample are 100 respondent by using Non Probability Sampling method. In order to determine the candidate of respondent as sample in this survey is choosen by convinience sampling. The statistical test used in this analysis is a multiple regression using Ordinary Least Squares method. The data in this study is processed by using eviews version 4.1 data processing software. Before estimate to ordinary least squares, the researcher collect the primary data by using quesionaire in likert scale. The results of primary data processing using regression analysis indicates that there is a signifikant relationship and positive between the variable of education, age, and service by perception of public Syariah Banking in Medan. Of these three independent variable, the service variable is a main one with the big contribution in the perception of public to the Syariah Banking in Medan.
     
    Perkembangan perbankan syariah hingga saat ini masih kurang menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan, baik jaringan maupun volume usaha, dibandingkan dengan pertumbuhan bank konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah bank syariah yang masih sedikit khususnya di daerah Medan. Penelitian ini hanya di khususkan pada masyarakat Islam tentang bagaimana persepsi mereka terhadap bank Syariah di Medan, mengingat maraknya perkembangan dan pertumbuhan bank syariah di pandang sinis oleh beberapa kalangan, bahkan kalangan umat Islam itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh pendidikan, usia dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat bank syariah di Medan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terdiri dari Mahasiswa,Pegawai Negeri Sipil,Pegawai Swasta,Wiraswasta dan Ibu Rumah Tangga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden melalui wawancara langsung dan kuesioner. Sampel sebanyak 25 orang atau dengan total sampel sebanyak 100 responden, dengan menggunakan metode Non Probability Sampling. Dalam menentukan calon responden sebagai sampel, pada survei ini digunakan convinience sampling. Alat uji statistik yang digunakan untuk analisis penelitian ini adalah multiple regression dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengolahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan software pengolahan data Eviews version 4.1. Sebelum diestimasi ke metode ordinary least square (OLS), maka peneliti akan melakukan pengumpulan data primer, yang di peroleh dengan kuesioner yang menggunakan skala likert kemudian di beri skor. Hasil pengolahan data primer dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel pendidikan, usia dan pelayanan dengan persepsi masyarakat umum terhadap Bank Syariah di Medan. Dari ketiga variabel bebas, terlihat bahwa variabel pelayanan merupakan variabel utama yang memberikan kontribusi paling besar dalam hubungannya dengan hasil persepsi masyarakat umum terhadap Bank Syariah di Medan.
     
    Perkembangan perbankan syariah hingga saat ini masih kurang menunjukkan pertumbuhan yang menggembirakan, baik jaringan maupun volume usaha, dibandingkan dengan pertumbuhan bank konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah bank syariah yang masih sedikit khususnya di daerah Medan. Penelitian ini hanya di khususkan pada masyarakat Islam tentang bagaimana persepsi mereka terhadap bank Syariah di Medan, mengingat maraknya perkembangan dan pertumbuhan bank syariah di pandang sinis oleh beberapa kalangan, bahkan kalangan umat Islam itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengamati pengaruh pendidikan, usia dan pelayanan terhadap persepsi masyarakat bank syariah di Medan. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang terdiri dari Mahasiswa,Pegawai Negeri Sipil,Pegawai Swasta,Wiraswasta dan Ibu Rumah Tangga. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden melalui wawancara langsung dan kuesioner. Sampel sebanyak 25 orang atau dengan total sampel sebanyak 100 responden, dengan menggunakan metode Non Probability Sampling. Dalam menentukan calon responden sebagai sampel, pada survei ini digunakan convinience sampling. Alat uji statistik yang digunakan untuk analisis penelitian ini adalah multiple regression dengan menggunakan metode Ordinary Least Square (OLS). Pengolahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan software pengolahan data Eviews version 4.1. Sebelum diestimasi ke metode ordinary least square (OLS), maka peneliti akan melakukan pengumpulan data primer, yang di peroleh dengan kuesioner yang menggunakan skala likert kemudian di beri skor. Hasil pengolahan data primer dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara variabel pendidikan, usia dan pelayanan dengan persepsi masyarakat umum terhadap Bank Syariah di Medan. Dari ketiga variabel bebas, terlihat bahwa variabel pelayanan merupakan variabel utama yang memberikan kontribusi paling besar dalam hubungannya dengan hasil persepsi masyarakat umum terhadap Bank Syariah di Medan.

    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33537
    Collections
    • Master Theses [527]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV