• Login
    View Item 
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Psychology
    • Master Theses (Psychology of Science)
    • View Item
    •   USU-IR Home
    • Faculty of Psychology
    • Master Theses (Psychology of Science)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Penerapan The Support Group Method untuk Meningkatkan Self-Efficacy pada Korban Bullying

    View/Open
    Fulltext (3.679Mb)
    Date
    2014
    Author
    Nurrahayu Fitria, Sri
    Advisor(s)
    Minauli, Irna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bullying is becoming the global issue which also happend in indonesia. Bullying has serious impact not only physical but also psychological. It may can cause pain or bodily damage and it lowers one’s self esteem, self efficacy, also increases depression. Social interaction involved peers can gives influances onset bullying. School can use support group approach as intervention of bullying. The researcher do experimental study for purposed to know the effectivity of the support group method to improve self-efficacy of students were bullied. Use pretest-postest control group design with 16 students as partisipant. Use statistical anaysis nonparametric Mann-Whitney and had a result p = 0.015. Based on that the conclusion is the support group method effectively improve self-efficacy the secondary students who were bullied. That shows peer support is the key of good interpersonal interaction which develop positive character of the students. In order to make them apply adequate behavioral when being bullied.
     
    Bullying merupakan permasalahan yang sudah mendunia, tidak hanya menjadi permasalahan di Indonesia. Bullying memiliki dampak serius secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, dapat mengakibatkan luka ataupun kerusakan tubuh sedangkan secara psikologis dapat mengakibatkan rendahnya harga diri, rasa tidak berdaya (low self-efficacy) hingga depresi. Interaksi lingkungan sosial yang melibatkan teman sebaya turut mempengaruhi munculnya perilaku bullying. Pihak sekolah dapat menggunakan dukungan kelompok (group support) sebagai intervensi bullying. Berdasarkan hal tersebut penelitian eksperimen dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh intervensi kelompok teman sebaya (the support group method) terhadap self-efficacy pada siswa-siswi SMP yang mengalami bullying. Dengan memakai pretest-postest control group design yang melibatkan 16 siswa-siswi. Analisis statistik menggunakan analisis nonparametrik Mann-Whitney dan menunjukkan hasil p = 0.015. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa intervensi the support group method efektif meningkatkan self-efficacy siswa-siswi SMP yang mengalami bullying. Perubahan tingkat self-efficacy tersebut dipengaruhi oleh dinamika kelompok yang tercipta yang menumbuhkan rasa empati dari anggota kelompok dan rasa percaya dari korban bullying terhadap anggota kelompok yang lain. Hal ini menunjukkan dukungan teman sebaya merupakan kunci interaksi interpersonal yang baik yang dapat mengembangkan terbentuknya karakter siswa-siswi yang positif sehingga mereka akan menggunakan pendekatan perilaku yang sesuai ketika menghadapi bullying.

    URI
    http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33593
    Collections
    • Master Theses (Psychology of Science) [286]

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    All of USU-IRCommunities & CollectionsBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit DateThis CollectionBy Issue DateTitlesAuthorsAdvisorsKeywordsTypesBy Submit Date

    My Account

    LoginRegister

    Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara - 2025

    Universitas Sumatera Utara

    Perpustakaan

    Resource Guide

    Katalog Perpustakaan

    Journal Elektronik Berlangganan

    Buku Elektronik Berlangganan

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV