Show simple item record

dc.contributor.advisorMinauli, Irna
dc.contributor.authorNurrahayu Fitria, Sri
dc.date.accessioned2021-06-29T03:07:37Z
dc.date.available2021-06-29T03:07:37Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/33593
dc.description.abstractBullying is becoming the global issue which also happend in indonesia. Bullying has serious impact not only physical but also psychological. It may can cause pain or bodily damage and it lowers one’s self esteem, self efficacy, also increases depression. Social interaction involved peers can gives influances onset bullying. School can use support group approach as intervention of bullying. The researcher do experimental study for purposed to know the effectivity of the support group method to improve self-efficacy of students were bullied. Use pretest-postest control group design with 16 students as partisipant. Use statistical anaysis nonparametric Mann-Whitney and had a result p = 0.015. Based on that the conclusion is the support group method effectively improve self-efficacy the secondary students who were bullied. That shows peer support is the key of good interpersonal interaction which develop positive character of the students. In order to make them apply adequate behavioral when being bullied.en_US
dc.description.abstractBullying merupakan permasalahan yang sudah mendunia, tidak hanya menjadi permasalahan di Indonesia. Bullying memiliki dampak serius secara fisik maupun psikologis. Secara fisik, dapat mengakibatkan luka ataupun kerusakan tubuh sedangkan secara psikologis dapat mengakibatkan rendahnya harga diri, rasa tidak berdaya (low self-efficacy) hingga depresi. Interaksi lingkungan sosial yang melibatkan teman sebaya turut mempengaruhi munculnya perilaku bullying. Pihak sekolah dapat menggunakan dukungan kelompok (group support) sebagai intervensi bullying. Berdasarkan hal tersebut penelitian eksperimen dilakukan dengan tujuan untuk melihat pengaruh intervensi kelompok teman sebaya (the support group method) terhadap self-efficacy pada siswa-siswi SMP yang mengalami bullying. Dengan memakai pretest-postest control group design yang melibatkan 16 siswa-siswi. Analisis statistik menggunakan analisis nonparametrik Mann-Whitney dan menunjukkan hasil p = 0.015. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa intervensi the support group method efektif meningkatkan self-efficacy siswa-siswi SMP yang mengalami bullying. Perubahan tingkat self-efficacy tersebut dipengaruhi oleh dinamika kelompok yang tercipta yang menumbuhkan rasa empati dari anggota kelompok dan rasa percaya dari korban bullying terhadap anggota kelompok yang lain. Hal ini menunjukkan dukungan teman sebaya merupakan kunci interaksi interpersonal yang baik yang dapat mengembangkan terbentuknya karakter siswa-siswi yang positif sehingga mereka akan menggunakan pendekatan perilaku yang sesuai ketika menghadapi bullying.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.publisherUniversitas Sumatera Utaraen_US
dc.subjectbullying,en_US
dc.subjectthe support group method and self-efficacy,en_US
dc.subjectjunior high school.en_US
dc.titleEfektivitas Penerapan The Support Group Method untuk Meningkatkan Self-Efficacy pada Korban Bullyingen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.nimNIM107029008
dc.description.pages95 Halamanen_US
dc.description.typeTesis Magisteren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record