Perancangan Pengembangan Sistem Informasi Perbaikan Kualitas Pelayanan Pt. Tulus Marisi dan Distribusi
View/ Open
Date
2013Author
Siahaan, Rikardo Hotman
Advisor(s)
Napitupulu, Humala L.
Nazaruddin
Metadata
Show full item recordAbstract
PT. Tulus Marisi is a private company the engaged in the fertilizer industry.
The company distribute the fertilizer to Aceh, pekanbaru, Jambi, Padang. To ease
the distribution of fertilizer, the company has been providing fertilizer’s warehouse
and leading enterprise agencies in these areas. PT. Tulus Marisi is having problems
of information services. For the implementation operasional, information
management is still use manually system. It has many flaws which makes a wide area
of marketing planning and controling the companies request appropriately, with the
result is conducted to determine. So the research is conducting to know the affect of
Variabels that affect service’s satisfaction.
Results obtained externally by the test based on regression, variable
reliability has a significant effect on distributor satisfaction is 0.423. This keeps the
focus of the design variable reliability in this study. Variable reliability have
descriptive analysis, the ease of access integrally between distributors. Results
obtained internally that have a strong enough relationship with employee satisfaction
is a variable PT. Tulus Marisi facilitie/equipment with a value of 0.413 correlation.
relationship between the dependent variable Y1 (DC satisfaction with services) with
dependent variable Y2 (Marisi PT.Tulus employee satisfaction) has a fairly close
correlation is equal to 0.701. This means that between Y1 and Y2 also provide strong
value and influence each other
Based on the analysis and descriptive , to increase employee satisfaction with
the services of PT. Tulus Marisi and Distributor Center can do with improvement
strategies in facilities/equipment used. Designing information systems PT. Tulus
Marisi fertilizer demand to every DC in each region by applying the desired models
according to the design of a web-based system is expected to address the factors that
mempegaruhi service satisfaction. PT. Tulus Marisi adalah perusahaan swasta yang bergerak di bidang
pendistribusian pupuk. Perusahaan mendistribusikan pupuk-pupuk tersebut untuk
wilayah, Aceh, Pekanbaru, Jambi, Padang. Untuk memudahkan pendistribusian
produk perusahaan telah menyediakan gudang pupuk dan menunjuk agen-agen
pemasaran di daerah-daerah tersebut. PT. Tulus Marisi mengalami permasalahan
pelayanan informasi. Sebab dalam pelaksanaan operasinya pengelolaan informasi
masih dilakukan dengan cara manual, hal ini memiliki banyak kelemahan, di mana
area pemasaran yang luas membuat perusahaan merencanakan dan mengendalikan
permintaan dengan tepat. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk mengetahui
variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pelayanan.
Hasil yang diperoleh secara eksternal dengan berdasarkan uji regresi, variabel
reliability memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan distributor adalah
0,423. Hal ini membuat variabel reliability menjadi fokus perancangan pada
penelitian ini. Variabel reliability mempunyai analisis deskriptif, yaitu kemudahan
akses secara integral antara distributor. Hasil yang diperoleh secara internal yang
memiliki hubungan cukup kuat dengan kepuasan karyawan PT Tulus Marisi adalah
variabel fasilitas/peralatan dengan nilai korelasi 0,413. hubungan antara variabel
terikat Y1 (kepuasan DC terhadap pelayanan) dengan variabel terikat Y2 (kepuasan
karyawan PT. Tulus Marisi) memiliki korelasi yang cukup erat, yaitu sebesar 0,701.
Artinya, antara Y1 dan Y2 juga memberikan nilai yang kuat dan saling
mempengaruhi.
Berdasarkan hasil analisis dan deskriptif, untuk meningkatkan kepuasan
terhadap pelayanan karyawan PT Tulus Marisi dan Distributor Center dapat
dilakukan dengan strategi perbaikan pada fasilitas/peralatan yang digunakan.
Merancang sistem informasi permintaan pupuk PT Tulus Marisi ke setiap DC di
masing-masing daerah dengan menerapkan model yang diinginkan sesuai dengan
sistem rancangan yang berbasis web diharapkan mampu mengatasi faktor- faktor
yang mempegaruhi kepuasan pelayanan.
Collections
- Master Theses [177]