dc.contributor.advisor | Lubis, Lusiana Andriani | |
dc.contributor.advisor | Kurniawati, Dewi | |
dc.contributor.author | Sari, Yolanda | |
dc.date.accessioned | 2021-07-06T07:55:11Z | |
dc.date.available | 2021-07-06T07:55:11Z | |
dc.date.issued | 2015 | |
dc.identifier.uri | http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/34656 | |
dc.description.abstract | The tittle of this study is Message Organizing and Marketing Communication Activity to The Satisfaction of Customers. A correlational study about The Analized of Message Organizing and Marketing Communication Activity PT BPJS Ketenagakerjaan Based Medan to The Level of Customer’s Satisfaction. The purpose of this study is to knowing the Impact of Message Organizing and Marketing Communication Activity to The Satisfaction of Customers in PT BPJS Ketenagakerjaan Based in Medan.
The Theories that used and relevant in this study are Message Organizing Communication, Marketing Communication, Services, The Satisfaction of Customers, and Disonancy Cognitive Theory. Using corellational method which such study that know relation and the level of relation between two variables or more without even influenced the variables so that there is no manipulation in variable of population in this study which are the User of PT BPJS Ketenagakerjaan’s Services. Using two tehcniques in drawing samples i.e; Stratified Proportional Sampling and Purposive Sampling with 100 respondents.
Using three methods in collecting Data I.e; Library Research, Field Research and Depth Interview. Using Single Table analysis, Cross Table Analysis and Hipotesys Anaysis in Data Analysis Technique with Formula of Rank Order by Spearman, with Statistical Product and System Solution (SPSS) 16 Application. In this study found rs; 0, 609, to see the relation between both variables in this Study used Guilford scale. This Shows that there is such strong relation between The Message Organizing and Marketing Communication Activity to The Satisfaction of Customers in PT BPJS Ketenagakerjaan Based in Medan.
To analyzed the level of significancy impact of Variable X1 and X2 to Variable Y using SPSS 16 application and to know how the relation Impact of variable X1 and X2 to Variable Y using Analysis Determined Correlational. This Study shows that there is such relation in The Message Organizing and Marketing Communication Activity in PT BPJS Ketenagakerjaan (Persero) to the level of Customer’s Satisfaction. In other word, The better the Message Organizing and Communication Activity of the PT BPJS Ketenagakerjaan then the level of Customer’s Satisfaction would rise higher and in contrast The worst the Message Organizing and Communication Activity of the PT BPJS Ketenagakerjaan then the level of Customer’s Satisfaction would be lower. | en_US |
dc.description.abstract | Penelitian ini berjudul Pengelolaan pesan dan aktivitas komunikasi pemasaran terhadap kepuasan pelanggan. Sebuah studi korelasional tentang analisis pengelolaan pesan dan aktivitas komunikasi pemasaran PT BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kerja Medan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh pengelolaan pesan dan aktivitas komunikasi pemasaran terhadap tingkat kepuasan pelanggan di PT BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kerja Medan.
Teori yang digunakan dan dianggap relevan dalam penelitian ini adalah pengelolaan pesan komunikasi, komunikasi pemasaran, pelayanan jasa, kepuasan pelanggan dan teori disonansi kognitif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional yakni suatu penelitian untuk mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih tanpa ada upaya untuk mempengaruhi variabel tersebut sehingga tidak terdapat manipulasi variabel Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa layanan PT BPJS Ketenagakerjaan. Untuk menentukan jumlah sampel maka digunakan 2 teknik penarikan yaitu stratified proportional sampling dan purposive sampling, dengan besar sampel sebanyak 100 responden.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tiga cara, yaitu Penelitian Kepustakaan (Library research), Penelitian Lapangan (Field Research) dan wawancara mendalam (depth interview). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa tabel tunggal, analisa tabel silang dan uji hipotesa melalui rumus Koefisien Korelasi Tata Jenjang (Rank Order) oleh Spearman, dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and System Solution (SPPS) 16. Dari hasil penelitian ini diperoleh rs sebesar 0,609, untuk melihat kuat lemahnya korelasi (hubungan) kedua variabel dalam penelitian ini digunakan skala Guilford. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup berarti antara pengelolaan pesan dan aktivitas pemasaran terhadap kepuasan pelanggan PT BPJS Ketenagakerjaan.
Kemudian untuk menguji tingkat signifikansi pengaruh variabel X1 dan X2 terhadap variabel Y masih menggunakan aplikasi SPSS 16 serta untuk mengetahui besar kekuatan pengaruh variabel X1, X2 terhadap Y digunakan Uji Determinan Korelasi. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pengelolaan pesan dan aktivitas komunikasi pemasaran PT BPJS Ketenagakerjaan (Persero) terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Dengan kata lain, hal ini berarti dengan semakin baiknya pengelolaan pesan dan aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan PT BPJS Ketenagakerjaan maka tingkat kepuasan pelanggan akan semakin tinggi ataupun sebaliknya, semakin buruk pengelolaan pesan dan aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan PT BPJS Ketenagakerjaan maka tingkat kepuasan pelanggan akan semakin rendah. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.publisher | Universitas Sumatera Utara | en_US |
dc.subject | Pengelolaan Pesan | en_US |
dc.subject | Komunikasi Pemasaran | en_US |
dc.subject | Kepuasan Pelanggan | en_US |
dc.subject | PT BPJS Ketenagakerjaan | en_US |
dc.title | Pengelolaan pesan dan Aktivitas Komunikasi Pemasaran terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan (Studi Korelasional Pengaruh Pengelolaan Pesan dan Aktivitas Komunikasi Pemasaran PT. BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Kerja Kota Medan terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |
dc.identifier.nim | NIM127045003 | |
dc.description.pages | 154 Halaman | en_US |
dc.description.type | Tesis Magister | en_US |