Majalah Hijabella dan Gaya Hidup Muslimah dalam Mengimitasi Budaya Populer Berhijab (Studi Korelasi pada Mahasiswi di Kota Medan)
View/ Open
Date
2015Author
Pertiwi, Ade
Advisor(s)
Lubis, Lusiana A
Ramadhani, Emilia
Metadata
Show full item recordAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of Hijabella magazine on hijab popular culture imitation and determine the influence of hijab popular culture imitation on Muslim student’s lifestyle, as well as determine the effect of Hijabella Magazine to Muslim student’s lifestyle with hijab as popular culture imitation in Medan City.
The method used quantitative correlation method. The study population are Muslim students at several universities in Medan: USU, UMSU, and IAIN North Sumatra that all student population amounted to 30.040 in Bachelor Degree. Respondents in this study amounted to 304 people with reference to Sample in Auditing by HP Hill JL Roth and H.Arkin. Sampling technique using proportional stratified random sampling and purposive samples. Methods of data collection using literature, questionnaires, and observations. Analysis of data using linear regression statistical test and Sobel test.
The result of the research indicate that : (1) There is significant relationship between Hijabella Magazine against imitation of popular culture hijab at 59,8%. (2) There is a significant relationship between imitation of popular culture hijab to muslim student's lifestyle at 60,6%. (3) There is significant relationship between Hijabella Magazine with Muslim student's lifestyle after mediated by imitation variable of hijab popular culture at 0,3517 and significant 0,0000 (p=<0,05). Furthermore, the results of other studies is the content of the message, grammar, writing system, and the actualization of the message conveyed through the Hijabella Magazine in once a month and it may interest readers to follow the trends of modern hijab. In addition, the motive and model of hijab that featured in Hijabella Magazine imitated by the reader in the style changing in hijab fashion lifestyle where the use of modern and stylish hijab bring a new awareness to the community and nearly shift the large amount of old hijab model to the more unique one. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh majalah Hijabella terhadap imitasi budaya populer berhijab dan mengetahui pengaruh imitasi budaya populer berhijab terhadap gaya hidup mahasiswi muslimah, serta mengetahui pengaruh majalah Hijabella terhadap gaya hidup mahasiswi muslimah dengan imitasi budaya populer berhijab di Kota Medan.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswi muslimah pada beberapa perguruan tinggi di Kota Medan : USU, UMSU, dan IAIN Sumut yang keseluruhan populasinya berjumlah 30.040 mahasiswi muslimah dengan program strata1 (S1). Responden dalam penelitian ini berjumlah 304 orang dengan merujuk pada Sample in Auditing dari HP Hill JL Roth dan H.Arkin. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel acak proporsional dengan stratifikasi dan sampel purposive. Metode pengumpulan data menggunakan kepustakaan, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan uji statistik regresi linear dan sobel test.
Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ada pengaruh yang signifikan antara Majalah Hijabella terhadap imitasi budaya populer berhijab sebesar 59,8%. (2) Ada pengaruh yang signifikan antara Imitasi budaya populer berhijab terhadap gaya hidup mahasiswi muslimah sebesar 60,6%. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara Majalah Hijabella terhadap gaya hidup mahasiswi muslimah, setelah dimediasi oleh variabel imitasi budaya populer berhijab sebesar 0,3517 dan signifikansi 0,0000 (p=<0,05). Selanjutnya, hasil penelitian lainnya adalah isi pesan, tata bahasa, sistem penulisan, dan aktualisasi pesan yang disampaikan melalui Majalah Hijabella dalam sebulan sekali dapat menarik minat pembaca untuk mengikuti tren hijab modern. Selain itu, motif dan mode hijab yang ditampilkan dalam Majalah Hijabella diimitasi oleh pembaca dalam perubahan gaya hidup dalam fashion berhijab, dimana pemakaian hijab modern dan stylish membawa kesadaran baru kepada masyarakat dan hampir menggeser penggunaan sebahagian besar hijab model lama kepada yang lebih unik.
Collections
- Master Theses [358]