Pemerolehan Bunyi Ujaran Bahasa Indonesia Anak Usia Dua Tahun: Analisis Fonologi Generatif
View/ Open
Date
2014Author
Rahmawati
Advisor(s)
Gustianingsih
Syarfina, T.
Metadata
Show full item recordAbstract
This study chose the title Phonological Acquisition Indonesian Children Aged
Two: Analysis of Phonology Generative. The theory used in this study in the
theory of language acquisition of the idea by Chomsky (1957) and the theory of
Generative Phonology by Schane (1992). Indonesian is used in everyday
communication as a national language. There are three issues that will be given
the answer in this review. Special problem is: how to phonology acquisition of
two-year olds in particular vowels, consonants, and glides ?, how patterns and
phonological changes that occur in the language of children aged two years ?,
how generative phonological rules of Indonesian children aged two years ?. In
particular, this study aims to description phonological acquisition of two-years
old in particular vowels, consonants, and glides in Indonesian, describing
patterns and phonological changes that occur in the Indonesian language, and
describe the rules of generative phonology Indonesian children aged two years.
Contributions from this research that the parents know the child's development of
speech sound obtained at the age of two years. The study used a descriptive
method with the help of linguistic field methods, literature and the analysis is
supported by IPA phonetic writing, and data collection techniques are tapping
technique, consider ably involved, recording, and recording. The results of this
study found that Indonesian children aged two years to obtain segments of
phonemic vowel [a], [i], [ǝ], [ԑ], [u], and [o], while not perfect consonantal
sound of the children aged two years . Consonantal sounds are difficult to
pronounce by children aged two years is [h], [f], [r], and [t]. Then there is a
change of phonological Indonesian children aged two years, namely, pelesapan
consonant sound [h], [r], and [t], as well as the replacement of the consonant [f]
and [r]. Indonesian phonological acquisition year olds in generative phonological
rules changes are characteristic, pelesapan rules, rules consonant replacement,
fusion rules and the rules of palatalization glides. Kajian ini memilih judul Pemerolehan Fonologi Bahasa Indonesia Anak Usia
Dua: Analisis Fononolgi Generatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini
teori Pemerolehan Bahasa yang di gagas oleh Chomsky (1957) dan teori Fonologi
generatif oleh Schane (1992). Bahasa Indonesia ini digunakan dalam komunikasi
sehari-hari sebagai bahasa nasional. Ada tiga masalah yang akan diberikan
jawabannya dalam kajian ini. Khusus Masalahnya adalah: bagaimana
pemerolehan fonologi anak usia dua tahun khususnya bunyi vokal, konsonan, dan
semivokal?, bagaimana pola dan perubahan fonologi yang terjadi dalam bahasa
anak usia dua tahun?, bagaimana kaidah fonologi generatif bahasa Indonesia anak
usia dua tahun?. Secara khusus kajian ini bertujuan untuk mendeskripskan
pemerolehan fonologi anak usia dua tahun khususnya bunyi vokal, konsonan, dan
semivokal dalam bahasa Indonesia, mendeskripsikan pola dan perubahan fonologi
yang terjadi dalam bahasa Indonesia, dan mendeskripsikan kaidah fonologi
generatif bahasa Indonesia anak usia dua tahun. Kontribusi dari penelitian ini
agar para orang tua mengetahui perkembangan bunyi ujaran anak yang diperoleh
dalam usia dua tahun. Kajian ini menggunakan metode deskriptif dengan bantuan
metode linguistik lapangan, kepustakaan serta analisis didukung oleh tulisan
fonetik IPA, dan teknik pengumpulan data adalah teknik sadap, simak libat
cakap, perekaman, dan pencatatan. Hasil penelitian ini menemukan bahwa bahasa
Indonesia anak usia dua tahun memperoleh segmen vokal fonemis [a], [i], [ǝ], [ ԑ],
[u], dan [o], sedangkan bunyi konsonantal belum sempurna dimiliki anak usia dua
tahun. Bunyi konsonantal yang sulit diucapkan oleh anak usia dua tahun adalah
[h], [f], [r], dan [t]. Kemudian terjadi perubahan fonologi bahasa Indonesia anak
usia dua tahun yaitu, pelesapan bunyi konsonan [h], [r], dan [t], serta penggantian
konsonan [f] dan [r]. Pemerolehan fonologi bahasa Indonesia anak usia tahun
pada fonologi generatif terdapat kaidah perubahan ciri, kaidah pelesapan, kaidah
penggantian konsonan, kaidah perpaduan dan kaidah palatalisasi semivokal.