Efektivitas Coping Cat Kendall pada Anak dengan Social Phobia (The Effectiveness of Coping Cat Kendall in Children with Social Phobia)
View/ Open
Date
2013Author
Erwina, Wina
Advisor(s)
Yusuf, Elvi Andriani
Metadata
Show full item recordAbstract
Social phobia is a marked and persistent fear of one or more social or performance
situations in which the person is exposed to unfamiliar people or to possible scrutiny by
others (DSM-IV-TR; APA, 2004). Social phobia is common not only in adults but in children as
well. Many of children with social phobia report attending school to be a significant course of social
distress (Strauss & Last in Morris, 2004). Unfortunately, social phobia is often not recognized as a
problem by teachers or parents.Social phobia may interfere with a children’s ability to function in
everyday life. Children with social phobia may avoid a number of social situations including school.
This avoidance behavior may affect academic performance and socializations of children in school.
This study aims to determine the effectiveness of Coping Cat program developed by Kendall
(Kendall, 2006) in children with social phobia. The study design used was quasi-experimental
research design before-after study or also called pre-test/post-test design (Kumar, 1999). This research
using the Liebowitz Social Anxiety Scale for Children and Adolescents Self Report (LSAS-CA-SR),
The Subjective Units of Distress Scale (SUDS), observation and interviews to collect data.
The results showed that both participants showed a decrease in scores of LSAS–CA-SR .
Subject 1 has decreased from the previous score 112 (very severe social phobia ) to 46 ( normal range
) . Similarly, subject 2 score decreased from 76 ( marked social phobia ) to 32 ( normal range ) . The
level of anxiety of both subjects that viewed from SUDS scores have also decreased .SUDS score
subject 1 during pre- intervention session which is 8 ( very anxious ) decreased gradually during the
intervention sessions to 2 (a little anxious) after intervention. While on the subject 2 , during pre
intervention session SUDS score is 6 ( anxious ) gradually decreased up to 2 ( a little anxious ) at
post- intervention session . Observations and interviews also showed that participants experienced a
positive change following the intervention Coping Cat Kendall . This is evident from the reduced
social avoidance behavior to the everyday situation shown by both subjects . Social phobia merupakan ketakutan yang menetap dan berlangsung terus menerus terhadap
satu atau lebih situasi sosial atau muncul ketika ia harus tampil di hadapan orang yang belum dikenal
dengan baik atau pada situasi ketika dirinya diamati oleh orang lain (DSM-IV-TR; APA, 2004).
Social phobia ternyata tidak hanya ditemukan pada orang dewasa, melainkan juga pada anak-anak.
Sekolah dikatakan menjadi sumber kecemasan utama bagi anak dengan social phobia (Strauss dan
Last dalam Morris, 2004). Namun sering kali kondisi ini kurang diperhatikan dan cenderung
diabaikan baik oleh orang tua maupun guru di sekolah. Padahal berbagai hambatan dan kendala dapat
timbul akibat social phobia pada keberfungsian anak sehari-hari. Salah satunya adalah perilaku
menghindar dari situasi sosial yang dapat mempengaruhi prestasi akademis dan sosialisasi anak di
sekolah. Oleh karena itu dirasakan perlu adanya intervensi yang tepat bagi anak dengan social phobia.
Salah satu intervensi yang tepat bagi anak dengan social phobia adalah program coping cat
yang dikembangkan oleh Kendall (Kendall, 2006). Program ini bertujuan untuk membangun
keterampilan anak dalam mengendalikan kecemasan merupakan cara yang tepat untuk
mengatasi social phobia pada anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan program coping cat
Kendall pada anak dengan social phobia. Desain penelitian yang digunakan adalah desain
penelitian kuasi eksperimental before-after study atau yang disebut juga dengan desain pretest/
post-test (Kumar, 1999). Pengukuran dilakukan dengan menggunakan The Liebowitz
Social Anxiety Scale for Children and Adolescents Self Report (LSAS-CA-SR). Selain itu
dilakukan juga pengukuran melalui The Subjective Units of Distress Scale (SUDS), observasi
dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan program coping cat Kendall terbukti efektif dalam
menurunkan social phobia pada anak. Kedua partisipan menunjukkan penurunan pada skor
LSAS-CA. Subjek 1 mengalami penurunan skor dari sebelumnya 112 (very severe social
phobia) menjadi 46 (normal range). Demikian juga halnya dengan subjek 2 mengalami
penurunan skor dari 76 (marked social phobia) menjadi 32 (normal range). Selain itu terlihat
juga penurunan tingkat kecemasan kedua subjek yang dilihat dari SUDS. Skor SUDS subjek
1 yang pada saat pra intervensi adalah 8 (sangat cemas) menurun secara bertahap selama sesi
intervensi menjadi 2 (sedikit cemas) saat paska intervensi. Sedangkan pada subjek 2, skor
SUDS saat pra intervensi adalah 6 (cemas) mengalami penurunan secara bertahap hingga
menjadi 2 (sedikit cemas) paska intervensi. Hasil observasi dan wawancara juga
menunjukkan bahwa partisipan mengalami perubahan yang positif dengan mengikuti
program intervensi coping cat Kendall. Hal ini terlihat dari berkurangnya perilaku
menghindar terhadap situasi sosial yang ditampilkan oleh kedua subjek sehari-hari.