Optimalisasi Proses Pengadaan Dengan Metode Rekayasa Ulang Bisnis Proses (Bpr) Studi Kasus Pt Inalum (Persero) Geladikarya
View/ Open
Date
2015Author
Harahap, Ali Hasian
Advisor(s)
Sitompul, Darwin
Muluk, Chairul
Metadata
Show full item recordAbstract
Globalization, technological innovation and intense business competition in this century forcing companies to change the way they operate his business. In order for companies to continue to survive and win the competition, companies must quickly change its business strategy. companies
forced to continuously improve its business processes because the customers continue to demand service for better goods. One of The component that can determine a company's competitiveness is time. There is a saying that "time is money". PT Inalum (Persero), which is now officially one of the state-owned enterprises, continues to trying to improve its performance to be even better. This can be seen from The company's production target which was previously set at 250,000 MT/year, is now the target is gradually increased to 325,000 MT/year in 2018. Especially in the Procurement Department, management targets one of them to optimize the procurement process with the target of on-time delivery of goods to 97%. Therefore it is necessary to make changes that are more precise and faster to meet the predetermined targets and it is necessary to find new breakthroughs that fundamental and not just small changes made by PT Inalum. The author uses the Business Process Reengineering method to optimizing the procurement process to improve delivery on time, Done business process analysis and design new business processes with mplementing the supply positioning model. The design of the new business process is measured
with 4 (four) balanced score card perspectives and the results are obtained benefits cost reduction, process acceleration and customer satisfaction. Globalisasi, inovasi teknologi dan persaingan bisnis yang ketat pada abad ini
memaksa perusahaan-perusahaan untuk mengubah cara mereka menjalankan
bisnisnya. Agar perusahaan terus bertahan dan memenangkan kompetisi, perusahaanperusahaan
harus dengan cepat mengubah strategi bisnisnya. Perusahaanperusahaan
dipaksa untuk terus menerus memperbaiki proses bisnisnya karena para
pelanggan terus menuntut pelayanan atas barang yang lebih baik. Salah satu
komponen yang dapat menentukan sebuah perusahaan dapat bersaing adalah waktu.
Ada pepatah yang mengatakan “waktu adalah uang”.
PT Inalum (persero) yang saat ini telah resmi menjadi salah satu BUMN terus
berupaya meningkatkan kinerjanya agar lebih baik lagi. Hal ini dapat terlihat dari
target produksi perusahaan yang sebelumnya ditetapkan 250.000 MT/tahun, kini
target tersebut ditingkatkan secara bertahap menjadi 325.000 MT/tahun pada tahun
2018. Khusus di Departemen Pengadaan, manajemen menargetkan salah satunya
untuk mengoptimalkan proses pengadaan dengan target delivery on time barang
menjadi 97%. Oleh karena itu perlu perubahan yang lebih tepat dan cepat untuk
memenuhi target yang telah ditentukan dan perlu dicarikan terobosan baru yang
mendasar dan tidak hanya sekadar perubahan-perubahan kecil yang dilakukan oleh
PT Inalum.
Penulis menggunakan metode Business Process Reengineering untuk
mengoptimalkan proses pengadaan guna memperbaiki delivery on time, Dilakukan
analisis proses bisnis dan membuat rancangan proses bisnis baru dengan
mengimplementasi supply positioning model. Rancangan proses bisnis baru diukur
dengan 4 (empat) perspektif balance score card dan hasilnya diperoleh manfaat
pengurangan biaya, percepatan proses dan kepuasan pelanggan.