Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Sayur Organik di Kota Medan
View/ Open
Date
2015Author
Putra, Yudha Andriansyah
Advisor(s)
Supriana, Tavi
Chalil, Diana
Metadata
Show full item recordAbstract
YUDHA ANDRIANSYAH PUTRA, Factors Affecting Purchasing Organic
Vegetable In Medan (under the guidance of Dr. Ir. Tavi Supriana MS as chairman
and Ir. Diana Chalil, M.Sc., P.hD as a member)
Organic vegetables as one of the products generated from agriculture are
environmentally friendly and closer to the concept of nature, so as to guarantee
better quality compared to ordinary vegetables. This raises the main attraction for
a certain class of consumers who then change the pattern of consumption of the
vegetables cultivated vegetables inorganic to organic vegetables, so the appeal
and popularity of organ ic vegetables cultivated was reduced for a certain class of
consumers. Therefore, it is necessary to study the factors - factors that affect the
purchase of organic vegetables in particular Medan. The purpose of this study
was to analyze the factor price ratio between organic and non organic vegetables,
advertising, packaging, household income, education level of respondents, the
composition of the family members of the respondent, the respondent's age affects
the purchase of organic vegetables in the city of Medan. The data used in this
study are primary data (directly from consumers who buy organic vegetables) and
secondary data (data from agencies that support this research). The analytical
method used was the multiple linear regression using SPSS 17 software.
The analysis showed: there are 4 variables that significantly influence the
variable ratio of the price of organic vegetables with non-organic, household
income, and the age of the respondent, advertising and there are 3 variables that
no significant effect, namely, packaging, education level of respondents, the
composition of the members of the family YUDHA ANDRIANSYAH PUTRA, Faktor-Faktor yang Mempengaruhi
Pembelian Sayur Organik d Kota Medan ( di bawah bimbingan Dr. Ir. Tavi
Supriana MS sebagai ketua dan Ir. Diana Chalil, M.Si.,P.hD sebagai anggota)
Sayuran organik sebagai salah satu produk yang dihasilkan dari pertanian
bersifat ramah lingkungan dan lebih mendekatkan diri kepada konsep alam,
sehingga mampu memberikan jaminan kualitas yang lebih baik dibandingkan
dengan sayuran biasa. Hal tersebut menimbulkan daya tarik tersendiri bagi
konsumen kelas tertentu yang kemudian mengubah pola konsumsi sayurannya
dari sayuran yang dibudidayakan secara anorganik ke sayuran organik,
sehingga daya tarik dan popularitas sayuran yang diusahakan secara anorganik
berkurang bagi konsumen kelas tertentu. Oleh karena itu perlu diteliti faktor –
faktor yang mempengaruhi pembelian sayur organik tersebut khususnya di kota
Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh rasio harga
antara sayur organik dengan non organik, iklan, kemasan,pendapatan
keluarga,tingkat pendidikan responden, komposisi anggota keluarga responden,
umur responden terhadap pembelian sayuran organik di kota Medan. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (langsung dari konsumen yang
membeli sayur organik) dan data sekunder (Data dari instansi yang mendukung
penelitian ini). Metode analisis yang digunakan adalah dengan Regresi Linear
Berganda dengan menggunakan perangkat lunak SPSS 17.
Hasil analisis menunjukkan: ternyata ada 4 variabel yang berpengaruh
signifikan yaitu variabel rasio harga sayur organik dengan non organik,
pendapatan keluarga, dan umur responden, Iklan, serta ada 3 variabel yang tidak
berpengaruh signifikan yaitu, kemasan, tingkat pendidikan responden, komposisi
anggota keluarga .
Collections
- Master Theses [287]
