Analisis Efektivitas Didaktis terhadap Definisi Matematika pada Kasus Nilai Absolut
View/ Open
Date
2011Author
Jalil, Abdul
Advisor(s)
Mawengkang, Herman
Sutarman
Metadata
Show full item recordAbstract
Quite often a mathematical object may be introduced by a set of equivalent definitions.
A fundamental question is determining the ”didactic effectiveness” of the techniques
for solving a kind of problem associated with these definitions; this effectiveness is
evaluated by taking into account the epistemic, cognitive and instructional dimensions
of the study processes. So as to provide an example of this process, in this thesis we
study the didactic effectiveness of techniques associated with different definitions of
absolute value notion. The teaching and learning of absolute value are problematic;
this is proven by the amount and heterogeneity of research papers that have been
published. This thesis propose a ”global” study from an ontological and semiotic point
of view Objek matematika sangat sering bisa diperkenalkan dengan serangkaian definisi yang
ekuivalen. Pertanyaan mendasar adalah menentukan ”efektivitas didaktik” dari teknik
untuk memecahkan sejenis masalah yang terkait dengan definisi tersebut; efektivitas
ini dievaluasi dengan memperhitungkan dimensi epistemik, kognitif dan instruksional
dari proses studi. Karena itu untuk memberikan contoh proses dalam tesis ini di
kaji efektivitas didaktik dari teknik yang terkait dengan definisi-definisi yang berbeda
dari gagasan nilai absolut. Proses belajar-mengajar nilai absolut memang bermasalah;
ini dibuktikan oleh jumlah dan heterogenitas tulisan-tulisan penelitian yang dipub likasikan. Tesis ini mengajukan suatu studi ”global” dari sudut pandang ontologik
dan semiotik.
Collections
- Master Theses [410]